Ini Dia 3 Fakta Menarik AFC Women’s Asian Cup yang Perlu Kamu Tahu!

Ini Dia 3 Fakta Menarik AFC Women’s Asian Cup yang Perlu Kamu Tahu!

Seperti yang kita tahu, AFC Women’s Asian Cup adalah kompetisi empat tahunan yang mulai digelar pertama kali pada tahun 1975. Ini merupakan kompetisi sepakbola wanita di bawah otoritas AFC, yang juga bertindak sebagai turnamen kualifikasi untuk Piala Dunia Wanita milik FIFA. Di tahun 2022 ini, AFC Women’s Asian Cup akan digelar mulai tanggal 20 Januari hingga 6 Februari 2022 yang menjadi edisi ke-20 turnamen. Yang menjadi suatu kebanggaan adalah Timnas Putri Indonesia juga turut mendapat kesempatan untuk tampil pada kejuaraan ini. Sebelum kompetisi ini berlangsung, yuk simak 3 fakta menarik AFC Women’s Asian Cup yang perlu kamu tahu!

  1. India Menjadi Tuan Rumah

AFC Women’s Asian Cup 2022 akan digelar di India. Ada tiga stadion yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan, antara lain DY Patil Stadium di Navi Mumbai, Mumbai Football Arena dan Shri Shiv Chhatrapati Sports Complex di Pune. Tiga stadion ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pelatihan yang memadai. Stadion DY Patil nantinya dijadikan sebagai tempat untuk menggelar final yang akan berlangsung pada 6 Februari 2022 nanti.

Tak hanya itu, dua tempat latihan juga telah dibangun di Tempat Pelatihan CIDCO (di Navi Mumbai).

Tak hanya ditingkatkan secara kualitas, daya tampung penonton pun ditambah sehingga tak hanya sebagai lapangan latihan, tapi juga setiap menggelar pertandingan. Selain itu, untuk stadion di Pune, fasilitas pelatihan baru juga dibangun kembali untuk Piala Asia Wanita AFC India 2022.

Lapangan di kompleks olahraga Shiv Chhatrapati telah ditingkatkan kualitasnya, dengan penambahan dua lapangan latihan tambahan yang juga telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan turnamen tersebut. Sedangkan lapangan di stadion Mumbai Football juga telah ditingkatkan fasilitasnya berupa ruang ganti, hospitality area, ruang wasit, dan tribun untuk media yang datang meliput. Wow, keren sekali ya persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah ini!

  1. Timnas Putri Indonesia Segrup dengan Australia dan 2 Rival ASEAN

Timnas Putri Indonesia tergabung di Grup B Piala Asia 2022 yang dihuni lawan-lawan tangguh yaitu Australia, Thailand dan Filipina. Seperti yang telah kita ketahui, Australia, Thailand dan Filipina merupakan tiga tim yang berpengalaman di Piala Asia Putri. Termasuk edisi 2022, Australia sudah 8 kali tampil di kompetisi tersebut. Sementara Thailand 17 kali dan Filipina 10 kali, sedangkan Indonesia baru 5 kali.

Dari sisi prestasi, Australia merupakan juara turnamen itu pada tahun 2010, Thailand kampiun tahun 1983 dan Filipina adalah tim peringkat keenam tahun 2018. Sementara Indonesia, yang terakhir kali tampil di Piala Asia Putri tahun 1989, menjadi semifinalis pada tahun 1977 serta 1986.

AFC Women’s Asian Cup yang akan diikuti oleh 12 negara akan dibagi ke dalam tiga grup. Berdasarkan pengundian, Grup A diisi oleh tuan rumah India, China, Taiwan dan Iran. Lalu di Grup B ada Australia, Thailand, Filipina dan Indonesia. Sementara Jepang, Korea Selatan, Vietnam dan Myanmar berada di Grup C. Para juara dan peringkat kedua grup akan lolos ke perempat final bersama dua peringkat ketiga terbaik. Setelah itu, kompetisi berlanjut ke semifinal dan final.

  1. Ade Mustikiana Oktafiani jadi Andalan Timnas Putri Indonesia

Bagi kamu yang belum kenal dengan Wanita yang jago dalam dunia pesepakbolaan ini, wajib tahu nih! Ade Mustikiana Oktafiani lahir di Bangka Belitung, tepatnya di Belitung Timur ada 3 Oktober 1999. Kecintaannya terhadap sepak bola telah dimiliki sejak belia. Bakat wanita yang akrab disapa Ade ini sudah dimilikinya sejak usia belasan tahun. PSSI menyebut pemain berusia 22 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi Cendil, sebuah desa di Belitung. Di usia 12 tahun, Ade aktif terlibat di turnamen-turnamen sepak bola di daerahnya. Bahkan, ia turut berpartisipasi di turnamen yang diikuti pemain laki-laki.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pun intens melakukan latihan dan mendalami sepak bola, hingga Ade mendapat berkah untuk membela Timnas Putri Indonesia di ajang Piala AFF Wanita pada 2015 silam. Sejak saat itu, Ade rutin dipanggil ke tim nasional, termasuk untuk Piala AFF Wanita pada 2017, Asian Games 2018, dan juga SEA Games 2019.

Di tahun 2021 lalu, Ade masuk seleksi di Bayern Munich, Eropa. Sedangkan di level klub Tanah Air, Ade sendiri pernah membela Persija Putri dan kini tercatat menjadi bagian skuat Arema FC Putri. Untuk di Timnas Putri Indonesia, Ade telah tampil sebanyak 25 kali atau menjadi pemegang Caps terbanyak dari rekan-rekannya di skuad Garuda Pertiwi yang dibawa ke India untuk Piala Asia Wanita 2022.

Wah, dilihat dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki Ade, pantas saja ia menjadi andalan dari Timnas Putri Indonesia. Yuk, kita beri dukungan kepada Ade dan semua tim dari Timnas Putri Indonesia agar bisa lolos ke babak semifinal sampai ke tahap final.

—————

Jangan lewatkan keseruan dari AFC Women’s Asian Cup ini hanya di MNC Vision dan MNC Play dengan kualitas HD! Untuk pelanggan MNC Vision, dapat menyaksikan AFC Women’s Asian Cup ini melalui Soccer Channel (420 HD) dan MNC Sports (421 HD). Sedangkan MNC Play, dapat menyaksikan melalui Soccer Channel (101 HD) dan MNC Sports (102 HD).

Bagi pelanggan MNC Vision yang sudah berlangganan Starter dan Family Pack, untuk dapat menyaksikan tayangan AFC Women’s Asian Cup ini bisa menambahkan ragam tontonan melalui Paket Soccer dengan hanya Rp 69.000/Bulan. Dan untuk pelanggan MNC Play, bisa menambahkan ragam tontonan melalui Soccer Pack dengan harga Rp 69.500/Bulan.

Jangan khawatir bagi pelanggan baru MNC Vision dan MNC Play, kamu juga dapat menyaksikan AFC Women’s Asian Cup ini dengan cara yang sangat mudah, kamu hanya perlu mengaktifkan aplikasi Vision+ dengan ID Pelanggan MNC Play:

  1. Temukan dan download aplikasi Vision+ di Google Play/App Store
  2. Aktifkan aplikasi Vision+ dengan memasukkan ID Pelanggan kamu
  3. Kamu langsung bisa menikmati Layanan Selfcare dan siap buat hidupmu lebih mudah dan seru!

Dengan berlangganan MNC Vision dan MNC Play, kamu bisa menikmati BONUS senilai 900 RIBUAN di aplikasi Vision+! Melalui Vision+, kamu juga bisa menonton ulang tayangan favoritmu hingga 7 hari ke belakang loh! Ada GRATIS Ratusan Channel dengan kemudahan nonton KAPAN PUN DIMANA PUN, MULTISCREEN hingga 5 gadget sekaligus!