Rekomendasi 12 Menu Takjil untuk Buka Puasa

Rekomendasi 12 Menu Takjil untuk Buka Puasa

Beli takjil buka puasa saat ngabuburit menjadi aktivitas sekaligus tradisi yang selalu ada di setiap puasa Ramadhan. Beragam menu takjil buka puasa, mulai dari makanan-makanan ringan hingga minuman dengan rasa yang manis.

Ketika bulan puasa tiba, banyak penjual takjil dadakan di pinggir-pinggir jalan. Mulai dari beragam makanan ringan lengkap dengan harga yang terjangkau. Dari banyak menu takjil buka puasa, berikut team MNC Play rangkum dari berbagai sumber beberapa menu takjil buka puasa yang menjadi favorit;

6 Pilihan Makanan untuk Menu Takjil Buka Puasa

Banyak jenis makanan yang bisa dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa makanan yang biasa dan banyak dijadikan sebagai makanan untuk buka puasa.

1. Kurma

Kurma

Gambar: Dok. Freepik (@8photo)

Kurma jadi makanan yang harus ada dalam menu takjil buka puasa. Rasanya yang manis dan buah dari benua Timur Tengah ini menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa. Tidak perlu banyak-banyak dalam mengkonsumsinya, minimal 1 buah atau lebih yang terpenting ganjil. Selain dikonsumsi, kurma bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan atau topping untuk beragam makanan maupun minuman.

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang

Gambar: Dok. Freepik (@odua)

Kolak pisang selalu ada dalam menu takjil berbuka puasa. Kamu bisa beli di pedagang takjil atau membuatnya sendiri di rumah. Pastikan gunakan dan pilih pisang kepok yang matang untuk membuat rasa kolak pisang menjadi lebih manis dan endeus!

3. Asian Buah dan Sayur

Asinan Sayur

Gambar: Dok. asianfoodnetwork.com

Ingin yang segar dan sehat? Menu takjil buka puasa yang bisa dipilih adalah asinan buah, dan sayur. Perpaduan dari rasa asin, asam, manis, hingga pedas memang sangat cocok untuk dijadikan santapan berbuka puasa.

Asinan Buah

Gambar: Dok. asianfoodnetwork.com

Beberapa pedagang takjil dadakan, banyak menjajakan asinan betawi. Kuliner khas dari Betawi ini, terbuat dari sayuran segar seperti tauge, kol, sawi, timun dan juga selada yang disiram dengan saus kacang encer bercampur cabai. Akan bertambah nikmati jika dilengkapi dengan kerupuk mie dan taburan tanah goreng.

4. Gorengan dan Lontong

Jika ingin buka puasa kamu tidak terlalu mengenyangkan namun pas di perut bisa memilih gorengan dan lontong. Perpaduan keduanya ditambah dengan sambal kacang jadi menu takjil buka puasa favorit beberapa orang.

Baca Juga: 8 Tips Persiapan Puasa Ramadhan 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

5. Biji Salak

Kolak biji salak bisa jadi alternatif untuk menu takjil buka puasa yang banyak ditemui saat bulan Ramadhan. Rasanya yang manis dari ubi kuning atau ubi ungu dengan tambahan santan kental cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa sekaligus penghilang dahaga.

Kolak Biji Salak

Gambar: Dok. asianfoodnetwork.com

Takjil ini bisa dibuat di rumah. Cukup mengikuti resep-resep yang sudah banyak diinformasikan dalam media online atau youtube, salah satunya situs asianfoodnetwork.com atau dengan menonton tayangan channel afn di layanan tv kabel MNC Play.

6. Sate

Sate Ayam

Gambar: Dok. Freepik (@suryaanugrah)

Sudah memasuki minggu ke-2 Ramadhan, tentu sudah mulai bosan dengan menu takjil yang ada dan ingin buka puasa dengan hidangan yang praktis. Jika demikian, pilihannya adalah sate. Selain mudah ditemukan, untuk para penikmat rasa gurih pasti akan memilih jenis makanan yang jadi makanan terenak di dunia.

6 Pilihan Minuman untuk Menu Takjil Buka Puasa

Selain makanan, minuman juga termasuk dalam menu takjil buka puasa yang disajikan di meja makan. Meskipun masih dalam situasi Pandemi Covid-19 dan sebagian besar masih melakukan aktivitas WFH atau sekolah online di rumah, sehingga rasa haus pun tentu tidak terlalu terasa.

Namun tetap meskipun di rumah, kamu tentu butuh yang menyegarkan tenggorokan saat buka puasa nanti. MNC Play merekomendasikan beberapa minuman segar yang bisa dijadikan menu takjil buka puasa seperti berikut ini;

1. Es Buah

Es Buah

Gambar: Dok. OkeZone

Minuman es buah menjadi salah satu menu takjil buka puasa yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Perpaduan antara beragam buah-buahan yang segar, ditambah dengan kuah susu manis akan membantu menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa.

2. Es Campur

Es Campur Kacang Merah

Gambar: Dok. iNews

Minuman es campur selalu jadi pilihan untuk menu takjil buka puasa selama bulan Ramadhan. Layaknya es buah, es campur ini juga memiliki rasa manis yang bisa menghilangkan rasa haus. Toppingnya yang beragam mulai dari buah-buahan, cincau, jelly, kolang kaling, dan lain-lain menjadi dalam satu porsi es campur kamu akan menikmati beragam rasa.

3. Es Kelapa Muda

Es Kelapa

Gambar: Dok. iNews

Es kelapa muda menjadi salah satu minuman dalam menu takjil untuk berbuka puasa rekomendasi dari MNC PLay. Selain harganya yang terjangkau dan rasanya yang menyegarkan, kelapa muda merupakan minuman yang banyak mengandung vitamin untuk kesehatan tubuh.

4. Es Timun Suri

Es Timur Suri

Gambar: Dok. OkeZone

Buah timun suri kerap dikaitkan dengan buah khas bulan puasa Ramadhan. Rasa daging dari buah ini terbilang legit, dan cocok untuk dijadikan campuran minuman seperti es buah atau es campur yang menyegarkan. Cukup tambahkan sirup manis, susu, dan batu es dan es timun suri siap disajikan. Seger bukan?

5. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Gambar: Dok. OkeZone

Menjadi hal yang wajib menu takjil buka puasa ada minuman segar di meja makan. Banyak jenis minuman segar dan juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah lidah buaya. Selain jadi bahan minuman pelega dahaga, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, menurunkan resiko penyakit jantung, bahkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Tertarik untuk buka puasa dengan es lidah buaya?

6. Es Kopyor

Es Kelapa Kopyor

Gambar: Dok. OkeZone

Salah satu menu takjil favorit untuk buka puasa adalah es kopyor yang memanfaatkan daging buah kelapa. Minuman es kopyor ini bisa juga ditambahkan sirup atau susu atau air jeruk dan tambahan topping lainnya. Dijamin rasanya akan nikmat dan segar!

Itulah 12 rekomendasi untuk menu takjil buka puasa selama bulan Ramadhan dari MNC Play. Akan lebih baik untuk membuat atau memasak sendiri seluruh menu takjil buka puasa dengan mengikuti resep-resep yang ada di berbagai media dan social media. Namun jika tetap untuk keluar rumah untuk membeli takjil, pastikan protokol kesehatan (5M) diterapkan ya demi kebaikan bersama.

Untuk memudahkan melihat sekaligus mempraktekkan resep dan cara membuat aneka menu takjil untuk berbuka puasa di rumah dengan menonton tayangan dari Channel afn (Chanel No. 240). Untuk bisa menonton tayangan ini, pastikan kamu berlanggan MNC Play, Internet Super Cepat dengan TV Nasional Terlengkap.

CTA MPlay Entertainment

Jangan khawatir akan ketinggalan tayangannya. Kamu bisa menonton tayangan ulang selama 7 hari kebelakang dengan fitur Catch up TV. Bahkan kini MNC Vision Networks sudah meluncurkan fitur terbaru yaitu “Selfcare” dalam aplikasi Vision+ yang memberikan kemudahan dan benefit untuk setiap pelanggan internet cepat dan TV kabel dari MNC Play. Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui beragam info mulai dari info tagihan, upgrade paket, pembayaran tagihan langsung dalam aplikasi, bahkan ada Reward Program khusus untuk Platinum Club dengan pelanggan di atas 6 bulan.