5 Tips Cerdas dan Aman Belanja Online Saat Pandemi

5 Tips Cerdas dan Aman Belanja Online Saat Pandemi

Selama pandemi Covid-19, banyak aspek kehidupan manusia yang berubah, salah satunya budaya berbelanja. Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika Tren belanja online  meningkat sebanyak  400 persen. Perilaku ini salah satunya merupakan efek dari kebijakan Pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang mengakibtakan mall dan tempat hiburan lainnya ditutup. Akibatnya, tempat kebutuhan belanja masyarakat terbatas dan kegiatan masyarakat pun berkurang sehingga belanja online manjadi salah satu jalan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini simak 5 Tips Cerdas dan Aman Belanja Online saat pandemi:

1. Beli Sesuai Kebutuhan

Beli barang sesuai kebutuhan dan putuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang yang akan anda beli, hal ini menjaga agar dompet kamu tetap aman ya!

Jika mengikuti keinginan, akan banyak barang yang akan dibeli dan akan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan

2. Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Tips penting selanjutnya, Saat membeli secara online pilih situs belanja online yang terpercaya. Situs belanja online terpercaya akan membuat anda merasa lebih aman, transaksi lebih terjaga karena system pembayaran marketplace menggunakan rekening bersama, dana dari konsumen juga baru akan ditansfer ke penual setelah barang pesanan sudah dikonfirmasi diterima oleh pembeli. Seperti Shopee yang mengeluarkan fitur ShopeePay, meningkatkan fitur keamanan layanannya secara konsisten demi kenyamanan pelanggan saat bertransaksi. Untuk menjami keamanan dalam bertransaksi, ShopeePay menghadirkan fitur rekognisi wajah dan sidik jari untuk menyelesaikan pembayaran.

Pembayaran tagihan TV Kabel dan Internet pun lebih aman dan praktis via ShopeePay. Ada pun Promo 9.9 Super Shopping Day, dengan membayar tagihan iuran berlangganan MNC Play via ShopeePay atau ShopeePayLater, selain aman, pelanggan juga bisa mendapatkan cashback max. 35 Ribu (via saldo ShopeePay).

3. Melihat review konsumen lain

Sebelum membeli barang, Pastikan anda sudah melihat review dari pembeli – pembeli sebelumnya. Jika reviewnya bagus, anda bisa melanjutkan untuk membeli barang di toko tersebut namun apabila review sebelumnya kurang bagus maka hindarilah membeli barang tersebut agar meningkatkan kepuasaan berbelanja anda

4. Teliti Membaca Deskripsi Produk

Ketika belanja online, konsume tidak dapat melihat langsung kondisi fisik barang yang akan dibeli. Oleh karena itu, baca deskripsi mengenai kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan lain-lain dengan teliti. Perhatikanlah detail warna, bentuk, hingga kegunaan dari barang tersebut. Cara ini dapat menghindari rasa kecewa saat barang yang telah dibeli, sampai kerumah tidak sesuai dengan ekspetasi.

5. Manfaatkan promo dan fitur gratis ongkir 

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam berbelanja online adalah mengikuti promo dan diskon dari situs belanja pilihan. Dengan beragam promo dan diskon yang diberikan tentunya akan menggiurkan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari kebutuhan kamu. Selain promo cashback, toko-toko online juga sering menawarkan gratis jasa ongkos kirim yang akan menghemat pengeluaran, apalagi lokasi tokonya jauh atau ukuran paket kamu cukup berat dan besar.

Referensi:

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5002773/18-tips-belanja-online-aman-dan-cerdas-selama-pandemi-corona
https://money.kompas.com/read/2020/05/04/163518426/tips-belanja-cerdas-saat-pandemi-covid-19
https://iprahumas.id/detailpost/cerdas-belanja-online-di-tengah-pandemi-covid-19