11 Stadion untuk Venue UEFA EURO 2020

11 Stadion untuk Venue UEFA EURO 2020

UEFA resmi mengumumkan 11 stadion yang akan dijadikan sebagai venue pergelaran UEFA EURO 2020 pada 11 Juni – 11 Juli 2021. Stadion untuk venue UEFA EURO 2020 tersebut berada di 11 kota yang menjadi negara tuan rumah turnamen sepak bola terbesar dan bergengsi di benua Eropa dan Dunia.

Sebanyak 24 negara peserta UEFA EURO 2020 akan bersaing memperebutkan trofi UEFA EURO 2020 sebagai supremasi paling bergengsi dalam sepak bola Eropa dan Dunia. Ini tentu menjadi kabar gembira untuk penggila sepak bola dunia karena sebelumnya, UEFA harus menunda event sepak bola ini selama satu tahun karena Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. 

Stadion untuk Venue UEFA EURO 2020

Adapun 11 Stadion UEFA EURO 2020 yang terpilih oleh Komite Eksekutif UEFA pada 19 September 2014 adalah sebagai berikut; 

Stadion Wembley, London – Inggris 

Wembley merupakan stadion termegah seantero Inggris yang menjadi kandang dari timnas Inggris. Setelah melakukan renovasi besar-besaran yang menampilkan lengkungan dengan ukuran raksasa, di tahun 2007 stadion megah ini resmi dibuka kembali dan kini sudah dikunjungi oleh 21 juta orang. 

Stadion Wembley, London - Inggris

Gambar: Dok. Okezone

Kapasitasnya yang mencapai 90 ribu kursi ini membuat stadion Wembley sering dijadikan arena atau venue untuk partai-partai sepak bola kelas dunia, mulai dari final Piala FA, Final UEFA Champions League tahun 2011 sampai dengan event konser dari band musik ternama di dunia.  

Khusus untuk event UEFA EURO 2020, Wembley akan menjadi tempat dari delapan pertandingan, babak penyisihan grup D, babak 16 besar, semifinal, hingga partai Final UEFA EURO 2020 nanti (11 Juli 2021). Stadion ini dipilih untuk menggelar match paling banyak dibandingkan dengan stadion UEFA EURO 2020 lainnya. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Grup UEFA EURO 2020

Stadion Olimpico Roma – Italia

Stadion yang menjadi kandang dari dua klub Serie A Italia, As Roma dan SS Lazio dipilih oleh UEFA sebagai stadion UEFA EURO 2020. Tidak hanya untuk UEFA EURO saja, tapi beberapa event sepak bola seperti Olimpiade 1960, Final EURO 1968, dan Piala Dunia 1990 pernah diadakan di sini. 

Stadion Olimpico, Roma - Italia

Perhelatan UEFA EURO 2020, stadion Olimpico Roma akan menggelar empat pertandingan, diantaranya tiga laga pada babak penyisihan grup A (termasuk laga pembuka UEFA EURO 2020 dimana Turki Vs Italy pada 11 Juni 2021 mendatang. Selain itu stadion yang berada di Ibukota Italia ini juga mengadakan satu laga babak Quarter-Final. 

Stadion Krestovsky, Saint Petersburg – Russia

Stadion Krestovsky yang merupakan kandang klub sepakbola FC Zenit Saint Petersburg ini juga dipilih UEFA sebagai salah satu stadion UEFA EURO 2020. Stadion yang memiliki kapasitas 68 ribu kursi ini ternyata dirancang oleh arsitek Jepang, Kisho Kurokawa dengan konsep pesawat luar angkasa yang telah mendarat di tepi Teluk Finlandia.

Stadion Krestovsky, Saint Petersburg - Russia

Stadion kebanggaan warga Russia ini akan menjadi venue untuk tujuh pertandingan, di mana enam pertandingan di babak penyisihan untuk grup B dan E. Selain itu Stadion ini juga digunakan untuk satu pertandingan babak Quarter-Final. 

Stadion La Cartuja, Seville – Spanyol

Dibangun untuk menggelar Kejuaraan Dunia Atletik 1999, Stadion La Cartuja Sevilla pernah menjadi tempat penyelenggaraan final Copa del Rey. Selain itu pernah juga dijadikan sebagai venue untuk dua final Piala Davis, sampai dengan konser musik seperti Madonna, U2, Bruce Springsteen dan AC / DC.

Stadion La Cartuja, Seville - Spanyol

Untuk perhelatan UEFA EURO 2020 kali ini, stadion yang memiliki kapasitas 58 ribu kursi akan memainkan empat pertandingan, diantaranya tiga pertandingan babak penyisihan di grup E dan juga satu pertandingan babak 16 besar. 

Baca Juga: Kalahkan Liga Inggris, La Liga Jadi Kompetisi Terbaik Dunia Abad 21

Stadion Hampden Park, Glasgow – Skotlandia

Stadion yang menjadi kandang dari timnas sepakbola Skotlandia dan juga klub amatir Queens Park ini resmi dibuka pada 1903. Saat dibuka pertama kali ini kapasitas kursinya mencapai 52 ribu, dan stadion ini pernah disebut-sebut sebagai stadion sepak bola terbesar di dunia mulai dari 1908 sampai 1950. Bahkan kapasitasnya mampu menampung 149 ribu penonton saat Skotlandia Vs Inggris di tahun 1937. 

Stadion Hampden Park, Glasgow - Skotlandia

Hampden Park dipilih menjadi salah satu stadion untuk venue UEFA EURO 2020 dengan menggelar empat partai, tiga partai babak penyisihan grup D dan menjadi venue untuk satu partai di babak 16 besar. 

Stadion Parken, Copenhagen – Denmark

Stadion Parken menjadi stadion sepak bola terbesar di Denmark dengan kapasitas lebih 38 ribu kursi. Menjadi kandang dari klub FC Copenhagen serta tim nasional Denmark, stadion ini juga pernah dijadikan venue untuk partai Final Piala Winners Eropa pada tahun 1994 dan juga Final Piala UEFA, 6 tahun berselang yang keduanya Arsenal menjadi salah satu kandidat juara. 

Stadion Parken, Copenhagen - Denmark

Stadion Parken kini ditunjuk oleh UEFA untuk menjadi salah satu stadion yang akan memainkan empat pertandingan, dimana tiga diantaranya merupakan pertandingan di babak penyisihan untuk grup B dan laga di babak 16 besar UEFA EURO 2020. 

Stadion Puskás Aréna, Budapest – Hungaria

Stadion yang menjadi rumah dari tim sepakbola Hungaria pernah menjadi sakti kekalahan telak Inggris dari Hungaria dengan skor (7-1) pada 23 Mei 1954.  

Stadion Puskás Aréna, Budapest - Hungaria

Stadion Puskás Aréna ditunjuk oleh UEFA sebagai salah satu dari 11 stadion yang nantinya akan menggelar pertandingan pada turnamen bergengsi di benua Eropa (UEFA EURO 2020) Juni mendatang. Stadion ini akan memainkan empat partai, dimana tiga diantaranya babak penyisihan grup F dan juga partai pada babak 16 besar. 

Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam – Belanda

Stadion yang menggunakan salah satu legenda pemain dan pelatih Ajax Amsterdam ini juga dipilih UEFA dalam perhelatan UEFA EURO 2020 nanti. Pintu geser yang menjadi ciri khas dari markas nya klub Eredivisie, Ajax Amsterdam ini ternyata stadion pertama di Eropa yang menggunakan konsep pintu geser ini loh! 

Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam - Belanda

Di stadion yang memiliki kapasitas 54 ribu kursi akan digelar empat pertandingan UEFA EURO 2020, diantaranya tiga pertandingan babak penyisihan grup C dan juga satu pertandingan pada babak 16 besar. 

Stadion Allianz Arena, Munich – Jerman

Stadion yang menggunakan nama salah satu brand asuransi ternama di dunia, Allianz yang juga menjadi sponsor utama dari klub sepakbola Bundesliga, Bayern Munchen juga ditunjuk UEFA sebagai salah satu stadion untuk gelaran UEFA EURO 2020.

Stadion Allianz Arena, Munich - Jerman

Stadion Allianz Arena dengan kapasitas 70 ribu kursi akan menjadi saksi dari tiga pertandingan babak penyisihan grup F dan juga pertandingan pada babak Quarter Final UEFA EURO 2020. 

Stadion National Arena, Bucharest – Romania

Kandang dari klub sepakbola Rumania, Steaua Bucure?ti dan Dinamo Bucure?ti juga dipilih UEFA sebagai penyelenggara untuk menjadi stadion sebagai venue diselenggarakannya pertandingan Steaua Bucuresti dan Dinamo Bucuresti. 

Stadion National Arena, Bucharest Rumania

Untuk UEFA EURO, stadion yang berkapasitas 55.600 kursi ini akan menggelar empat pertandingan, diantaranya tiga babak penyisihan grup C dan satu pertandingan di babak 16 besar.

Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan

Venue UEFA EURO 2020 yang terakhir adalah stadion Olimpiade Baku yang berada di Azerbaijan. Ternyata selain untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga digunakan untuk cabang olahraga atletik. 

Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan

Gambar: Dok. Bola Okezone

Stadion serbaguna ini dirancang oleh Heerim dan ROSSETTI dengan kapasitas hampir 70 ribu tempat duduk akan menggelar empat pertandingan UEFA EURO 2020. Tiga pertandingan pada babak penyisihan grup A dan satu laga Quarter Final.

Demikianlah informasi seputar 11 nama stadion UEFA EURO 2020 yang akan menjadi venue pertandingan untuk 24 negara peserta turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa dan Dunia pada 11 Juni – 11 Juli 2021.

Promo New Sales MNC Play Tempatnya Gila Bola

Jadilah saksi dari turnamen sepak bola bergengsi dan terbesar di benua Eropa dan Dunia (UEFA EURO 2020) dengan berlangganan paket internet super cepat dan TV Kabel Interaktif di MNC Play! Cukup tambah 130 Ribuan saja, dan kamu bisa menonton seluruh pertandingan UEFA EURO 2020 dan AFC Cup EKSKLUSIF! Live! Dapatkan juga BONUS hingga 2 Jutaan dan nikmati tayangan-tayangan berkualitas dari MNC Play. 

MNC Vision Networks yang menaungi MNC Play resmi menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020 dan AFC Cup. Kunjungi https://www.mncplay.id/tempatnyagilabola/ untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar promo UEFA EURO 2020 dari MNC Play.

CTA New Sales Sport dan Soccer Pack Channel MNC Play