7 Cara Mengatasi Ngantuk saat Puasa

7 Cara Mengatasi Ngantuk saat Puasa

Ngantuk saat puasa sering kali dialami sebagian atau mungkin banyak orang yang tengah berpuasa. Ngantuk saat puasa ini bisa berdampak membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas, sehingga pekerjaan menjadi kurang maksimal.

Cara Efektif Mengatasi Ngantuk saat Puasa

Rasa ngantuk saat puasa memang menjadi hal yang lumrah karena tubuh bekerja dengan energi yang lebih sedikit dan pola tidur yang berubah. Lantas, apa yang harus dilakukan Sobat Play? Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat puasa? Berikut 7 cara efektif untuk mengatasi ngantuk saat puasa:

1. Atur Jam Tidur

Atur-Pola-Tidur

Gambar: Dok. Freepik

Ketika bulan Ramadan, jam tidur akan otomatis berubah karena setiap muslim yang berpuasa harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Oleh karena itu, pastikan Sobat Play harus merubah jam tidur. Salah satunya adalah tidur lebih awal, sehingga ketika bangun sahur nanti akan lebih fresh dan siap beraktivitas.

2. Mandi dengan Air Dingin

Mandi-dengan-air-dingin

Ada fakta jika mandi dengan air dingin, tubuh segar dengan cepat. Suhu air dingin ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sekaligus memberikan energi untuk Sobat Play yang punya masalah kesulitan bangun lebih awal.

3. Ibadah, Shalat atau Membaca Al Qur’an

Salah satu cara mengatasi ngantuk saat puasa yang efektif bisa dengan melakukan ibadah seperti shalat atau membaca Al Qur’an. Sebelum menunaikan shalat atau membaca Al Qur’an Sobat Play harus mensucikan diri terlebih dulu salah satunya berwudhu.

Beribadah-dengan-membaca-Al-Quran

Gambar: Dok. Freepik

Selain sebagai syarat sah beribadah, membasuh wajah degan air ke wajah akan memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh untuk lebih terjaga sehingga Anda dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaan.

Baca Juga: 6 Tayangan Sahur Ini Siap Temani Sobat Play Selama Ramadhan!

4. Movie Marathon

Movie-Marathon

Gambar: Dok; Pixabay

Ngantuk saat puasa bisa dihilangkan dengan menonton tayangan seru di MNC Play seperti;

  • The Amazing Spider-man
    Siapa yang tak kenal Peter Parker? Seorang remaja yang terus menerus mencari jati dirinya. Bersama kekasihnya, Gwen Stacy, Peter juga berusaha menemukan identitas dirinya di tengah persoalan asmara. Peter berusaha memecahkan rahasia yang disimpan mendiang ayahnya. Saksikan The Amazing Spider-man di Fox Action Movie (HD: Ch. 16 & SD: Ch. 409).
  • The Amazing Spider-man 2
    Peter kembali beraksi memerangi kejahatan di Manhattan. Sahabat kecilnya, Harry Osborn, mulai mencoba hal-hal yang berbahaya dan memiliki keinginan untuk menyerang Spider-man. Saksikan The Amazing Spider-man 2 di Fox Action Movie (HD: Ch. 16 & SD: Ch. 409 ).
  • Little Woman (Fox Movie)
    Jo March merenungkan kehidupannya bolak-balik, menceritakan kisah tercinta dari para suster March — empat wanita muda, masing-masing bertekad untuk menjalani hidup dengan caranya sendiri. Ikuti jalan kisah mereka di Fox Movie (HD: Ch. 14 & SD: Ch. 407).
  • Nanny McPhee and the Big Bang
    Nanny McPhee datang untuk membantu seorang ibu muda yang mencoba menjalankan bisnisnya pertanian keluarga saat suaminya pergi berperang, meskipun dia menggunakan sihirnya untuk itu mengajari anak-anak wanita itu dan dua sepupu manja mereka lima pelajaran baru. Saksikan Nanny McPhee and the Big Bang hanya di Fox Family Movie (HD: Ch. 15 & SD: Ch. 408).

Semua tayangan bisa kamu dapatkan dan nikmati dengan berlangganan paket internet dan TV Kabel dari MNC Play dan menambah Paket Add On mulai dari Rp 19.800 – Rp 99,000 per bulan.

Paket-Internet-Cepat-MNC-Play

5. Olahraga

Menjalankan ibadah puasa tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk Sobat Play tidak berolahraga. Justru dengan melakukan olahraga rutin, ini akan membantu membuat tubuh lebih fresh. Manfaatkan waktu setelah shalat subuh dengan olahraga ringan, seperti jalan santai, peregangan otot, dan lain-lain. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit sebelum beraktivitas.

Berolahraga

Gambar: Dok. Freepik

Jika Sobat Play bingung jenis olahraga apa yang bisa dilakukan sebelum beraktivitas, bisa mengikuti metode latihan di Workout Class, setiap hari jam 07.30 WIB di channel Lifestyle & Fashion (Ch. 90). Namun pastikan Sobat Play sudah berlangganan internet cepat dan TV Kabel Play dulu yah!

Baca Juga: 5 Tips Semangat Bekerja saat Puasa

6. Rehat Sejenak untuk Menghirup Udara Segar

Menghirup Udara Segar Sejenak

Gambar: Dok. Freepik

Sobat Play yang berpuasa, tentu akan mengalami sedikit dehidrasi yang akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga lebih cepat mengantuk dan lemas. Usahakan untuk rehat sejenak untuk menghirup udara sejenak dan kamu siap beraktivitas kembali.

7. Power Nap

Power Nap

Gambar: Dok. Freepik

Cara mengatasi ngantuk saat puasa lainnya bisa dengan tidur, salah satunya adalah power nap. Menurut situs Hello Sehat, bahwa Power Nap merupakan tidur singkat dengan durasi 10-20 menit. Gunakan waktu istirahat yang singkat ketika puasa untuk tidur (Power Nap). Dengan begitu ketika bangun nanti, tubuh akan lebih fresh dan siap beraktivitas kembali.

Itulah 7 cara mengatasi ngantuk saat puasa Sobat Play! Tetap semangat ya puasanya! Semoga ibadah puasa yang Sobat Play jalankan diterima.. Aaamiiin.