11 Kota Tuan Rumah UEFA EURO 2020

11 Kota Tuan Rumah UEFA EURO 2020

Resmi! UEFA mengkonfirmasi 11 kota tuan rumah UEFA EURO 2020 yang akan digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 di 11 tempat berbeda di berbagai penjuru Eropa. Perhelatan turnamen sepak bola terbesar di Eropa dan Dunia ini akhirnya bisa digelar setelah ditunda selama 1 tahun. Event sepak bola kali ini akan memiliki konsep berbeda dari sisi penyelenggaraannya dengan UEFA EURO sebelum-sebelumnya.

Seperti yang dikutip dari situs resmi UEFA, uefa.com bahwa 24 negara peserta UEFA EURO 2020 yang telah lolos babak kualifikasi akan bersaing memperebutkan trofi juara yang menjadi lambang supremasi di bidang sepak bola untuk benua Biru (Eropa) ini. 

Baca Juga: Daftar Grup UEFA EURO 2020

Kota Tuan Rumah Turnamen UEFA EURO 2020 

Federasi sepakbola Eropa menyebutkan bahwa turnamen UEFA EURO 2020 ini juga diperingati sebagai ulang tahun ke-60 dari keseluruhan kompetisi Piala Eropa. Tidak hanya stadion untuk venue UEFA EURO 2020, ternyata 11 kota tuan rumah UEFA EURO 2020 ini memiliki ciri khas dan ikon menarik loh! Apa saja itu? Jangan skip yah, simak dulu penjelasannya! 

1. Amsterdam – Belanda 

Selain sebagai ibukota dari Belanda, kota Amsterdam juga dinobatkan sebagai ibukota bersepeda dunia. Kenapa demikian? Ini karena 60% perjalanan di kota ini dilakukan menggunakan sepeda. Bahkan ternyata jumlah sepeda yang ada justru lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduknya. 

Kota Amsterdam, Belanda

Sudut kota Amsterdam Belanda

Soal wisata, Amsterdam juga merupakan surga untuk para wisatawan di mana ada sekitar 17 juta kunjungan setiap tahunnya. Beberapa referensi destinasi wisata yang bisa dikunjungi, Rijksmuseum yang disebut sebagai permata di kota mahkota budaya yang penuh dengan permata. Selain itu, Amsterdam identik dengan banyaknya kanal atau sungai kecil yang diatasnya terdapat kurang lebih 1,500 jembatan. Banyak ruang hijau seantero kota, bahkan ada Leidseplein yang menjadi pusat kehidupan malam dengan bar dan restoran yang selalu ramai. 

2. Baku – Azerbaijan

Ibukota Azerbaijan, Baku merupakan ibukota dengan dataran terendah di dunia (28m di bawah permukaan laut) dan juga dijuluki sebagai “Kota Angin”. Baku memiliki kekayaan alam yang berasal dari minyak dan telah diekspor sejak abad ke-19. 

Kota Tua Icheri Sheher, Baku Azerbaijan

Kota Tua Icheri Sheher, Baku-Azerbaijan

Kota ini memiliki bangunan yang penuh dengan arsitektur ultra-modern, salah satu kota tua bernama Icheri Sheher. Kota tua ini merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO, di dalamnya terdapat Menara Gadis dan Istana Shirvanshahs abad ke-15 yang megah.

3. Bucharest – Rumania

Ibukota Rumania, kota yang menjadi tempat Lie Nastase (Legenda tenis Rumania) belajar tenis, dan Konstantin Br?ncu?i belajar seni sebelum pindah ke Paris. Bucharest juga dikenal sebagai ‘Paris Kecil’ dari tahun 1918-1947, sebelum perubahan besar pada era komunis. 

Palace of Parliament di Kota Bucharest, Rumania

Palace of Parliament di Kota Bucharest, Rumania

Salah satu bangunan yang identik dengan kota Bucharest adalah Palace of Parliament (Istana Parlemen) sebuah istana yang memiliki bangunan megah. Selain itu ada Piata Revolutiei (Lapangan Revolusi) yang penuh bekas luka peluru menawarkan beberapa sejarah tentang rumitnya abad ke-20 di Bukares.

4. Budapest – Hungaria

Menurut Wikipedia, Budapest adalah ibu kota dan kota terbesar di Hongaria yang juga merupakan kota terbesar kesepuluh di Uni Eropa berdasarkan jumlah penduduk di batas kota. Dibentuk dengan penggabungan Budha dan Obuda, di tepi barat sungai Donau, dengan Hama di sebelah timur, ibu kota Hongaria memberi dunia Ferenc Puskás dan banyak ‘Magical Magyars’ lainnya di tahun 1950-an, dan memiliki 80 mata air panas bumi dan sistem gua air panas terbesar di dunia.

Castle Hill di kota Budapest, Hungaria

Castle Hill di kota Budapest, Hungaria. (Gambar: Dok. Wikipedia)

Sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, Castle Hill sepanjang 1 km mengambil banyak situs utama, terutama Trinity Square, Gereja Matthias (Mátyás templom) dan Fisherman’s Bastion (Halászbástya). Museum Sejarah Budapest menyajikan seni serta sejarah di dalam Buda Castle yang megah.

5. Copenhagen – Denmark

Copenhagen dianggap sebagai salah satu paling bahagia di dunia loh! Bahkan Copenhagen juga identik dengan sepeda, di mana setengah penduduknya menggunakan sepeda setiap harinya. Ibukota Denmark terhubung dengan kota Malmo, Swedia dengan adanya Jembatan Oresund yang ada dalam drama kriminal populer Nordic The Bridge. 

Rivoli Gardens di Copenhagen, Denmark

Rivoli Gardens di Copenhagen, Denmark. (Gambar: Dok. Time Magazine

Copenhagen memiliki taman hiburan Rivoli Gardens yang didirikan tahun 1843 yang akan memperlihatkan arsitektur eksotis, bangunan bersejarah, taman yang rimbun dan wahana nostalgia, dan sangat menawan di malam hari. Terletak beberapa menit dari Stasiun Pusat, taman hiburan Tivoli Gardens menawarkan arsitektur eksotis, bangunan bersejarah, taman yang rimbun dan wahana nostalgia, dan sangat menawan di malam hari. Taman ini menjadi favorit Hans Christian Andersen didirikan pada tahun 1843.

6. Glasgow – Skotlandia

Glasgow merupakan kota terbesar di Skotlandia dan terbesar nomor tiga di Inggris. Disebut sebagai “tempat hijau yang indah) menurut nama Gaelik Skotlandia-nya, “Glas chu” ini pernah menggelar laga internasional pertama antara Skotlandia Vs Inggris yang berakhir imbang (0-0) pada 1872. 

Taman Victoria di Glasgow, Skotlandia

Taman Victoria di Glasgow, Skotlandia. (Gambar: Dok. Pinterest/Yvonne Batten)

Tampilan akan kamar-kamar di pusat George Square akan memperlihatkan nilai positif tentang kekayaan dan prestise kota Glasgow ketika dipilih menjadi kota kedua Kerajaan Inggris. Selain itu, ada Taman Kelvingrove Victoria di Barat kota yang menawarkan pemandangan indah di Kebun Raya. 

7. London – Inggris

Ibukota Inggris ini merupakan kota yang paling diminati oleh wisatawan di seluruh dunia, bahkan perkiraan total ada 31,2 juta turis yang mendatangi kota ini. Kota yang memiliki jumlah penduduk hampir 9 juta dan merupakan rumah bagi Ratu Inggris, Charles Dickens, dan musik Punk Rock pernah juga menjadi tuan rumah Olimpiade sebanyak tiga kali (1908, 1948, dan 2012). 

Westminster Abbey di London, Inggris

Westminster Abbey di London, Inggris. (Gambar: Dok. 2018 Getty Images/Leon Neal)

Beberapa ikon dari London, seperti Westminster Abbey, St Paul’s Cathedral, Tower Of London, Buckingham Palace, British Museum, National Gallery, Trafalgar Square harus kamu kunjungi ketika travelling di sini!

8. Munich – Jerman 

Munich jadi rumah bagi orkestra dan museum terkenal di dunia, termasuk tiga Pinakotheks, serta Siemens, BMW, dan Bayern München. Stadion Allianz Arena menjadi ikon di kota Munich yang pada malam hari ini terlihat indah jika dilihat dari Pegunungan Alpen Austria.

Taman Inggris di Kota Munich, Jerman

Munich’s Englischer Garten (Taman Inggris) Kota Munich, Jerman. (Gambar: Dok. Munich Tourism/Sigi Mueller)

Munich’s Englischer Garten (Taman Inggris) sebuah taman yang membentang ke utara dari belakang Universitas Munich dengan luas 990 meter persegi yang lebih besar dari Central Park di New York. Ada juga Olympiapark yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 1972 yang juga harus dikunjungi.

9. Roma – Italia

Colosseum di Roma, Italia

Colosseum di Roma, Italia. (Gambar: Dok. National Geographic)

Roma memiliki banyak destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Sistine Chapel, Trevi Fountain, Castel Sant’Angelo, Foro Romano, dan the Colosseum. Roma juga dikenal sebagai Kota Abadi. Roma adalah harta karun seni dan kemegahan arsitektur setiap bangunan, termasuk Auditorium Parco della Musica Modern.

10. Saint Petersburg – Russia 

Kota terpadat kedua di Rusia setelah Moscow, Saint Petersburg juga disamakan dengan kota  Venesia di Italia Utara karena ada banyak kanal/sungai dan 342 jembatan yang elegen. Jika traveling ke kota ini, pastikan kamu datang ketika “Malam Putih” di mana malam pada musim panas yang panjang ketika matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam. 

Winter Palace di Saint Petersburg, Russia

Gambar: Dok. www[dot]saint-petersburg[dot]com

Selain itu, ada destinasi wisata di Saint Petersburg yakni Museum State Hermitage yang didirikan tahun tahun 1764 oleh Catherine yang Agung mampu menampung lebih dari 3 juta karya seni dan artefak budaya yang indah. Seluruh karya seni tersebut dipajang 360 kamar. Museum State Hermitage terdiri dari lima bangunan, dan yang paling terkenal adalah Winter Palace yang megah.

11. Sevilla – Spanyol 

Seville Cathedral and Giralda Tower Spanyol

Gambar: Dok. Viator[dot]com

Ibukota wilayah Andalusia, Seville ini sebelumnya memiliki nama yang berbeda. Kota terbesar keempat di Spanyol ini pernah disebut “Hisbal” oleh orang Fenisia, atau “Hispalis” oleh orang Romawi setelah penaklukkan sebagian besar wilayah Semenanjung Iberia oleh Bani Umayyah di abad ke-13. Seville terkenal Menara Giralda dan Istana Alcazar. Kota ini juga merupakan markas bagi dua klub sepak bola La Liga Spanyol, yakni Sevilla dan Real Betis.

Itulah 11 kota tuan rumah UEFA EURO 2020 yang akan menjadi saksi 24 timnas negara peserta untuk bersaing memperebutkan trofi prestisius di benua Eropa. Selain stadion, ternyata setiap kota memilih ikon-ikon terbaik dan menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi. 

Mau nonton seluruh pertandingan di UEFA EURO 2020? Sobat Play, bisa menikmati tayangan UEFA EURO 2020 dan AFC Cup EKSKLUSIF semua pertandingan dengan beli Paket EURO sekarang! Nikmati Promo Early Bird dengan harga hemat, buat kamu pelanggan lama maupun pelanggan baru dengan BONUS hingga 2 Jutaan! Kunjungi https://www.mncplay.id/tempatnyagilabola/ untuk dapatkan informasi seputar promo UEFA EURO 2020 (syarat dan ketentuan berlaku).

Promo New Sales MNC Play Tempatnya Gila Bola

Nonton UEFA EURO 2020 di MNC Play! MNC Vision Networks (MVN) yang menaungi MNC Play resmi menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. Jadi, tunggu apa lagi! Berlangganan internet super cepat dan TV Kabel intraktif MNC Play sekarang juga!

CTA New Sales Sport dan Soccer Pack Channel MNC Play