“Teater Semut”, Sebuah Langkah Kembalikan Kearifan Lokal

“Teater Semut”, Sebuah Langkah Kembalikan Kearifan Lokal

Malang – Meniru perangai semut yang kompak, lincah dan bersemangat, Skeep Project bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang mempersembahkan Teater Semut Budayaku Kawanku, sebuah pagelaran yang mengangkat kearifan lokal Indonesia. Digelar di Gedung Kesenian Gajayana pada 7 Mei 2017, berbagai penampilan pada acara ini didedikasikan sebagai tontonan anak-anak untuk belajar budaya nusantara. Turut mendukung pelestarian budaya Indonesia, MNC Play tak mau ketinggalan untuk ikut ambil bagian dalam acara ini.

“Komunitas pencinta budaya merupakan penjaga kekayaan budaya nusantara. MNC Play berpartisipasi dalam acara ini dalam menunjukkan komitmen untuk menjaga kelestarian tradisi Indonesia. Usia dini adalah usia emas yang sangat tepat untuk menanamkan berbagai nilai dan pelajaran. Anak-anak akan dengan mudah menyerap berbagai informasi yang diberikan. Acara Teater Semut yang memberikan tontonan positif untuk anak-anak ini layak untuk diberikan dukungan penuh,” ucap Aryanto Ary, Branch Head MNC Play Malang. “MNC Play juga memiliki channel dengan tayangan edutainment yang diperuntukkan bagi anak-anak. Beberapa saluran dalam layanan TV Kabel Interaktif yang kami miliki diantaranya Nickelodeon, Disney, atau pun Miao Mi yang memiliki progam-program utama untuk mengasah kreativitas, pemecahan masalah, dan meningkatkan kemampuan lingusitik anak,” tambah Ary.

Tidak hanya menyuguhkan pertunjukan teater, ada pula berbagai pementasan seni seperti lomba menyanyi tradisional untuk anak, pertunjukan tari khas Malang, penampilan band lokal kota Malang, penampilan perkusi komunitas anak jalanan, dan juga showcase seputar pengetahuan aksara Jawa dan seni permainan tradisional.

“Teater Semut merupakan ruang bagi anak-anak untuk menikmati sajian hiburan yang mengandung nilai budaya Indonesia. Teater Semut memiliki filosofi bahwa semut merupakan hewan yang memiliki semangat dan etos kerja tinggi serta simbol dari gotong-royong. Nilai-nilai yang demikian sesuai dengan identitas bangsa Indonesia dengan menunjukkan nilai-nilai kearifan lokal nusantara,” papar Raka Iskandar, Ketua Panitia Pertunjukan Teater Semut. “Kami sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan MNC Play dengan mempromosikan acara yang sangat bermanfaat sebagai tontonan publik ini,” tambah Raka.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

/** * Fungsi yang melacak klik pada link keluar di Analytics. * Fungsi ini menggunakan string URL valid sebagai argumen, dan menggunakan string URL tersebut * sebagai label peristiwa. Mengatur metode pengangkutan ke 'suar' memungkinkan klik dikirim * menggunakan 'navigator.sendBeacon' di browser yang mendukungnya. */ var trackOutboundLink = function(url) { gtag('event', 'click', { 'event_category': 'outbound', 'event_label': url, 'transport_type': 'beacon', 'event_callback': function () {document.location = url;} }); }