Sulap Sampah Jadi Karya MNC Play Dukung ARTUP Festival 2016

Sulap Sampah Jadi Karya MNC Play Dukung ARTUP Festival 2016

Bandung – Sebuah festival peduli lingkungan hasil kolaborasi antara WEENU, organisasi asal Korea Selatan dan LOOKATS Project, event organizer kreatif digelar di Kota Bandung. Sulap Sampah Jadi Karya merupakan slogan yang diusung oleh ARTUP Festival tahun 2016 ini. MNC Play turut memberikan dukungannya pada acara tanpa sampah plastik yang diadakan selama 3 (tiga) hari mulai 28-30 Oktober 2016 di Cikapundung Riverspot. Beberapa kegiatan yang turut diadakan untuk memeriahkan festival tersebut diantaranya art installation, upcycling competition, workshop, seminar, dan music performance.

“Riset Greeneration, organisasi nonpemerintah yang 10 tahun mengikuti isu sampah menemukan bahwa satu orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 700 kantong plastik per tahun”, ungkap F. Edwin Sukisman, Branch Head MNC Play Bandung dari nationalgeographic.co.id1. “Jika masyarakat sadar akan peluang tersebut, tentunya sampah akan menjadi berkah. Layanan internet dengan kecepatan tinggi milik MNC Play bisa dimanfaatkan oleh tangan-tangan kreatif untuk dapat mengelola sampah menjadi benda seni bernilai tinggi. Mereka dapat menggunakan internet untuk melakukan riset, mencari inspirasi, sampai dengan menciptakan produk baru untuk pengembangan produknya”, tambah Edwin.

Tema festival yang diadakan di kota kembang ini adalah Waste Meets Art : From Problem to Solution. Artinya bukan hanya melakukan recycle, tetapi kita juga perlu memberikan penambahan nilai (upcycling) dengan sentuhan seni dan kreativitas untuk barang-barang bekas tersebut.

Rangkaian acara pertama yang diadakan adalah Upcycling Competition. Ini adalah kompetisi instalasi seni berhadiah Rp15.000.000 untuk juara 1 dan Rp 5.000.000 untuk juara 2. Peserta yang mengikuti kompetisi ini berasal dari ITB, ITENAS, SEMI PALAR dan UNPAR yang sudah dikurasi sebelumnya. Beberapa seniman asal Bandung, diantaranya Henryette Louise, Evan Driyananda dan Tisna Sanjaya juga turut serta menampilkan karya seni mereka. Ada pula tenan kuliner dan produk kreatif daur ulang yang ikut hadir memeriahkan acara.

Pengunjung juga dapat ikut dalam recycling experience workshop, yaitu pembuatan ecobricks dan upcycling oleh komunitas dan juga Nur Maliyanti, yang dikenal sebagai Ibu Kardus. Kedua, ada juga Event Highlight, yaitu seminar yang digelar di Balai Kota Bandung dengan tema circular economy. Melalui seminar ini, masyarakat diharapkan memperoleh informasi mengenai manajemen sampah dari sisi pemerintah, swasta ataupun seniman. Acara seminar dihadiri Casper Klynge, Duta besar Denmark Indonesia, Hanne Johnsen, Danish Technical Waste Expert, Titie Sadarini, Chairwoman Coca-Cola Foundation Indonesia, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan seniman senior, Ali Robin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan MNC Play untuk acara ini. Kami berharap hadirnya layanan internet cepat dari MNC Play dapat dimaksimalkan dengan baik oleh para pelaku industri kreatif, terutama yang peduli terhadap lingkungan” Ucap Muhammad Ghifari Dwi Respati, sponsorship kepanitiaan ARTUP Festival 2016. Selain berbagai pameran dan seminar, acara juga dimeriahkan dengan penampilan musik dari The Muslim (Musik Limbah), Littlelute, Lima Petani, Mocacafrio, dan ITB Jazz.