Sosok Wanita Penggerak Perubahan: Melanie Subono, Ananda Fitria, dan Najelaa Shihab Menginsipirasi di #PlayTalk – Women of Change

Sosok Wanita Penggerak Perubahan: Melanie Subono, Ananda Fitria, dan Najelaa Shihab Menginsipirasi di #PlayTalk – Women of Change

Jakarta – Seiring datangnya peringatan Hari Kartini yang jatuh pada bulan April, #PlayTalk mengundang tokoh-tokoh wanita inspiratif yang siap berbagi kisah dan pengalamannya kepada generasi muda. #PlayTalk, persembahan MNC Play dan Program Komunikasi Binus International University yang diselenggarakan pada 4 April 2017 di Auditorium Binus International University, mengambil format inspiring story telling. Kali ini #PlayTalk mengusung tema Women of Change untuk menginspirasi generasi muda melalui beragam kisah yang dituangkan para tokoh wanita yang berkarya untuk memberi perubahan baik bagi sekitarnya.

“Tema Women of Change diangkat selain untuk menyambut Hari Kartini yang datang pada bulan ini juga untuk menghadirkan kisah-kisah luar biasa yang para pembicara miliki, bagaimana mereka berperan dan menciptakan perubahan lebih baik di sekitarnya. Kami harap mahasiswa dan pengunjung dapat terinspirasi dengan terselenggaranya acara #PlayTalk sehingga setelah ini mereka bisa turut memberi kebermanfaatan bagi orang lain.” Aditya Haikal, GM Marketing MNC Play.

Melanie Subono, namanya begitu dikenal dalam kancah seni Indonesia. Tak hanya berprestasi dalam dunia tarik suara, Melanie juga menorehkan karya sebagai penulis buku, aktris, pemain film, dan presenter. Di lain sisi, Melanie merupakan seorang aktivis dalam berbagai gerakan sosial. Ia sendiri merupakan pendiri dan penggagas Rumah Harapan untuk berbagi kebaikan kepada individu yang membutuhkan. Kiprahnya dalam dunia seni dan sosial kemudian berlanjut dengan misi untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Melalui kompetisi drum band terbesar sedunia, World Music Contest (WMC) di Belanda pada bulan Juli mendatang, Ia akan mengibarkan bendera merah putih Indonesia. Dipercaya sebagai Field Commander untuk kedua kalinya, Melanie akan memimpin tim drum band Gita Bahana Nusantara yang terdiri dari 100 pemain muda Indonesia terbaik setelah berhasil mendapatkan medali perunggu dan perak pada 2013 silam. Cerita Melanie akan pengalaman, prestasi dan mimpinya untuk menyebarkan kebaikan tentu menjadi sangat menarik untuk disimak dalam #PlayTalk.

Datang dari dunia seni musik, pembicara #PlayTalk kedua ialah Ananda Fitria. Perempuan yang biasa dipanggil Nanda atau Chonky merupakan seorang produser eksekutif, penulis lagu, dan drummer dari band lokal Sweet As Revenge dengan warna musik Post-Hardcore. Saat berada di atas panggung, permainan drum Nanda dikenal ganas, dahsyat, dan penuh energi. Nanda dengan Sweet As Revenge tidak hanya sukses mempertahankan eksistensi mereka di Indonesia namun juga pernah melakukan tur hingga ke Malaysia dan Singapura untuk menemui para penggemarnya. Melalui #PlayTalk, kisah Nanda yang konsisten menyebarkan minatnya dalam bermusik dari satu panggung ke panggung lainnya seraya memecahkan stereotype bahwa drummer wanita mampu tampil profesional dengan memukau dicurahkan.

Najelaa Shihab memiliki cita-cita untuk meningkatkan akses, kualitas, dan kesetaraan dalam pendidikan di Indonesia. Kontribusinya teruwujud dari sekolah Cikal yang ia dirikan pada tahun 1999 yang kini telah memiliki ribuan murid dengan berbagai jenjang pendidikan yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Selain itu, Ia juga menginisiasi beragam organisasi serta komunitas pendidikan. Najelaa terlibat dalam Inibudi dengan Guru Berbudi sejak 2012, Komunitas Guru Belajar Nusantara sejak 2014, Sinedu sejak 2016 dan masih banyak lainnya. Saat ini Ia dan timnya juga mengorganisir Pesta Pendidikan dengan penuh semangat. Pesta Pendidikan merupakan inisiatif Najelaa Shihab untuk meningkatkan kolaborasi di antara beberapa pemangku kepentingan seperti pemerintah, guru, orang tua, murid, dan sektor publik lainnya dalam memperjuangkan pendidikan Indonesia. Kisah Najelaa Shihab sebagai agen perubahan untuk selalu mengamalkan gagasannya demi pendidikan Indonesia yang lebih baik juga turut dituangkan dalam #PlayTalk kali ini.

Inspiring story telling dalam #PlayTalk menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Jessica Bennet dan Patrecia Sarah atau yang lebih dikenal dengan Jebe & Petty, peraih juara pertama X Factor Indonesia 2015. Duo yang baru saja merilis single terbaru mereka Di Dekatmu ini senantiasa menunjukan kekompakkan dan musikalitas mengagumkan sejak masih berkompetisi di ajang X-Factor. Setelah kemenangannya, kini Jebe & Petty tengah fokus menggarap musik bernuansa Elecronic Dance Music dan meningkatkan eksistensinya di dunia musik tanah air. Dengan karakter suara yang unik, Jebe & Petty semakin menghidupkan suasana acara #PlayTalk dengan lagu-lagu yang mereka bawakan.

Christine Gneuss, Head of Communications Program Binus International University menuturkan, “Setelah lulus, mahasiswa harus mempersiapkan diri menjadi agen perubahan. Bukan sekedar untuk mencari pekerjaan saja namun mampu menjadi pemimpin di tengah masyarakat dimana pun mereka berada. Untuk itu, acara ini bagus sekali untuk mahasiswa dan pengunjung karena mereka dapat menyimak langsung cerita dan pengalaman dari sosok-sosok yang tidak hanya berprestasi dalam bidangnya namun juga memiliki kisah menarik tentang gerakan perubahan yang mereka lakukan.”

#PlayTalk terselenggara atas kerja sama MNC Play dan Binus International University Communications Program, juga didukung oleh BINUS TV, SMN, V Radio, Global Radio, Go-Tix dan Pizza Nagih. Mahasiswa dan penonton yang ingin datang ke #PlayTalk dapat melakukan reservasi hanya dengan ‘klik’ #PlayTalk di Go-Tix pada aplikasi Go-Jek.

/** * Fungsi yang melacak klik pada link keluar di Analytics. * Fungsi ini menggunakan string URL valid sebagai argumen, dan menggunakan string URL tersebut * sebagai label peristiwa. Mengatur metode pengangkutan ke 'suar' memungkinkan klik dikirim * menggunakan 'navigator.sendBeacon' di browser yang mendukungnya. */ var trackOutboundLink = function(url) { gtag('event', 'click', { 'event_category': 'outbound', 'event_label': url, 'transport_type': 'beacon', 'event_callback': function () {document.location = url;} }); }