RAPOT HIJAU PEMAIN LIGA INGGRIS DI PIALA DUNIA

RAPOT HIJAU PEMAIN LIGA INGGRIS DI PIALA DUNIA

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti.

Pesta bola sedunia telah berakhir. Perancis keluar sebagai juara setelah di partai final mengalahkan negara Balkan, Kroasia dengan skor meyakinkan, 4-2. Final pesta bola sejagat ini juga mencerminkan pagelaran piala dunia setahun kebelakang, yakni gol bunuh diri, gol penalty, Video Assisted Referee, dan pesta gol.

Masing-masing pemain mengeluarkan kemampuan terbaik dalam membela negaranya. positifnya, tak ada satupun cedera parah yang menimpa salah satu pemain di Piala Dunia tahun ini. Artinya, sepakbola masih menjadi medium terbaik untuk mempersatukan banyak negara, tanpa perlu tersulut emosi berlebih dan merugikan beberapa pihak. Menang maupun kalah, tiap pemain yang berlaga di lapangan sudah memiliki kebanggaan atas keberhasilan mereka membela negaranya di kancah tertinggi pesta bola dunia.

Andil Premier League Pada Piala Dunia 2018

Salah satu liga yang menyumbangkan banyak pemain di kompetisi tersebut adalah Premier League. Liga dengan kasta tertinggi di tanah britania ini menjadi penyumbang terbanyak pemain yang berlaga di Piala Dunia, total 108 pemain yang berlaga di Piala Dunia merupakan hasil ‘didikan’ Liga Inggris musim 2017/2018.

Sang Jawara musim lalu Manchester City menjadi klub liga inggris terbanyak yang mengirimkan pemainnya di pagelaran sepakbola tertinggi dunia tersebut (bahkan terbanyak jika dibandingkan liga-liga lainnya). Tidak tanggung-tanggung, 16 pemain milik mereka berhasil menjadi satu diantara 23 talenta sepakbola masing-masing negaranya. Mulai dari penghuni skuad utama sampai pemain cadangannya berhasil terpilih oleh masing-masing negaranya untuk mewakili tanah kelahiran mereka.

Di posisi kedua, The Blues Chelsea mengirim 14 pemainnya ke Rusia. Kedua kiper Chelsea, Willy Caballero dan Thibaut Courtois berhasil mewakili negara mereka masing-masing, Argentina dan Belgia. Selain itu, ada Eden Hazard, N’Golo Kante, Olivier Giroud yang bersinar bersama negaranya masing-masing.  Spesial untuk dua nama terakhir karena berhasil memenangkan Piala Dunia bersama negaranya, bahkan keduanya selalu bermain sebagai starting line-up.

Manchester United dan Tottenham Hotspur menempati urutan ketiga dengan perolehan 12 pemain. Meskipun lebih sedikit dari dua tim diatasnya, pemain-pemain asal klub ini memegang peran penting di negara yang mereka bela. Bahkan, Lingard dan Young milik Setan Merah menjadi bagian tak terpisahkan dari skuad Inggris di piala dunia tahun ini.

Ditambah kombinasi Kieran Trippier, Dele Alli dan Harry Kane yang juga menjadi tulang punggung Inggris sehingga berhasil meraih hingga ke babak semifinal Piala Dunia 2018 tanpa ada satu orang pun yang menduga. Khusus untuk nama terakhir, Kane membawa produktivitasnya di liga inggris dengan membawa gelar topskor Piala Dunia 2018 dengan total raihan 6 gol.

 

Rapot Hijau Liga Inggris Piala Dunia 2018

Dengan embel-embel salah satu liga terbaik di dunia, Liga Inggris membuktikan bahwa pemain yang berkompetisi didalamnya tidak hanya sekedar berjuang untuk klub. Namun, pemain-pemain tersebut menjelma menjadi pemain yang lebih baik selama berlaga di Premier League dan memberikan output positif ke negara yang masing-masing pemain bela.

Seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, Liga Inggris menjadi penyumbang terbesar pemain yang berlaga di Rusia. Tepatnya 14% dari 736 pemain yang terdaftar mengikuti piala dunia merupakan hasil didikan Liga Inggris. Setelahnya ada Liga Spanyol dengan 64 pemain (8,6%) dan Liga Itali dengan torehan 58 pemain (7,8%). Bahkan, jumlah pemain Liga Inggris menunjukkan konsistensi dengan presentase yang tidak pernah berada dibawah 10% pada setiap fase. Pertandingan Belgia kontra Inggris menjadi partai dengan pemain Liga Inggris terbanyak dengan catatan 35 orang dari 46 pemain yang merumput di kompetisi tanah britania. Ya, lebih dari 75% !

Pemain Kunci Masing-Masing Tim

Para pemain terpilih tentu menjadi 1 dari 23 pemuda terbaik pada bidang sepakbola yang mampu merepresentasikan negaranya di ajang tertinggi sepakbola yang pernah ada tersebut. Maka dari itu, tentu para pemain dari liga inggris (harusnya) telah terbiasa untuk berada dalam level kompetisi ‘terbaik’ seperti Piala Dunia.

Kalimat terakhir pun bukan tanpa bukti. 4 tim nasional yang berhasil menembus babak Semi Final Piala Dunia diperkuat oleh setidak-tidaknya satu pemain yang merumput di Liga Inggris, malah tidak jarang menjadi pemain kunci bagi masing-masing negaranya.

Seperti yang kita ketahui, 4 tim yang berhasil menembus babak Semi Final Piala Dunia adalah Inggris, Kroasia, Belgia, dan Perancis. Kroasia menjadi negara dengan perwakilan asal Premier League paling sedikit, yakni Dejan Lovren seorang. Bek Liverpool itupun mampu menunjukkan konsistensinya setelah berhasil membawa Liverpool menuju Final Liga Champions tahun 2017/2018, ia kembali membawa tanah kelahirannya berjaya di Piala Dunia 2018 dengan tampil di Final.

Inggris menjadi negara satu-satunya di Rusia yang membawa 23 talenta terbaiknya yang juga berkompetisi di liga domestik negaranya sendiri. Tentu Harry Kane menjadi andalan The Three Lions dengan performa gemilangnya merengkuh gelar topskor Piala Dunia 2018 dengan catatan 6 gol. Kane meneruskan tren positif yang ia ciptakan di Liga Inggris musim lalu dengan catatan 30 gol (hanya kalah 2 gol dari top skor utama, Mohamad Salah) dan salah satu pemain terpilih PFA Team Of The Year.

Belgia pun tidak lepas dari sorotan media atas penampilan apiknya di musim ini. Kombinasi Courtois-Kompany-Hazard-De Bruyne-Lukaku menjadikan Golden Generation Belgia semakin menakutkan. Tambah lagi dengan keluarnya Courtois dan Hazard sebagai peraih Golden Gloves dan Silver Ball awards, membuat pengaruh positif Liga Inggris semakin santer tercium.

Terakhir ada Perancis, sang jawara dunia. Penampilan apik perancis musim ini pun tak lepas dari permainan impresif Paul Pogba dan N’Golo Kante di lini tengah mereka. Faktanya, kombinasi Pogba-Kante selalu menjadi awal serangan Perancis di Piala Dunia sebelum diantar ke barisan striker mereka.

 

Agustus ini, Premier League telah memulai musim baru. Sejumlah tim telah mempersiapkan pemain-pemain teranyar mereka, menghadapi pertempuran baru yang tentunya akan jauh lebih seru dari musim-musim sebelumnya!

Penasaran bagaimana pemain-pemain tersebut mempertahankan sinarnya di Premier League musim ini? Jangan khawatir! Liga terbaik di dunia kembali hadir di beIN Sports untuk Anda! Untuk berlangganan atau menambah paket Soccer Plus atau New Sports Plus, segera hubungi 1 500 121 atau klik https://register.mncplay.id/ .

M D R