MNC Play Ikut Giatkan Inovasi Bisnis Industri Makanan dan Minuman di JIFEX 2017

MNC Play Ikut Giatkan Inovasi Bisnis Industri Makanan dan Minuman di JIFEX 2017

Jakarta – The Jakarta International Food Expo 2017 – JIFEX 2017 diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2017. JIFEX 2017 lahir sebagai sebuah sarana untuk membahas strategi dan mencapai bisnis industri makanan dan minuman di masa depan yang berkesinambungan di Indonesia. Turut mendukung pertumbuhan industri ini, MNC Play mengambil peran sebagai official broadband partner pada acara yang bertempat di Jakarta Convention Center.

“Saat ini, meningkatnya perkembangan industri makanan dan minuman tak luput dari peran teknologi internet sebagai sarana promosi dari berbagai produk. Hal ini ditandai maraknya platform online baik sosial media hingga layanan penyedia jasa pembelian dan pengantaran makanan dan minuman online yang memudahkan konsumen,” ungkap Aditya Haikal, GM Marketing MNC Play. “MNC Play menyediakan layanan high speed internet, dengan kecepatan simetris 1:1 antara upload dan download dan berbasis teknologi fiber optic yang tentunya akan sangat membantu bisnis dalam industri ini untuk melakukan inovasi dan menyasar konsumen dalam pasar yang besar. Pada ajang ini, kami memperkenalkan layanan internet MNC Play melalui wifi gratis agar bisa dinikmati langsung oleh penggiat industri dan pengunjung yang hadir. Selain itu, salah satu layanan kami, TV Kabel interaktif juga dapat memberikan inspirasi untuk terus berinovasi lewat tayangan beragam saluran seperti Asian Food Channel, Food Network dan Food & Travel,” tambah Haikal.

JIFEX 2017 menjadi one stop event bagi para stakeholders industri makanan dan minuman untuk membahas isu-isu yang ada hingga mempromosikan industri serta mengembangkan networking. Terdapat dua program dalam event ini yaitu Konferensi dan Pameran. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta konferensi dan lebih dari 10.000 pengunjung. Para peserta yang turut berpartisipasi pada event ini antara lain para Manajer Hotel, Manajer Restoran, Pemilik & Manajer Bisnis Katering, Pemilik & Manajer Bisnis Bakery dan Chefs.

Hadir dalam rangkaian acara konferensi JIFEX 2017 pada hari pertama di antaranya adalah Menteri Industri Republik Indonesia yang membahas mengenai Description of The Food & Food Industry Recently and Challenges on The Future. Selain itu, ada pula kehadiran perwakilan dari BPOM dan GAPMMI yang berbicara seputar regulasi, tantangan dan kesempatan bagi masa depan industri makanan. Pada hari kedua, terdapat pameran foto “Kuliner Nusantara”, Fruit Craving Demonstration, Live Cooking, GAPMMI Member Gathering dan talkshow bersama IPF, Food Review serta APJI. Rangkaian acara pada hari terakhir ditutup dengan berbagai kegiatan Live Cooking oleh beragam chef ternama yang berbakat seperti Chef Muto (Kungfu Chef), Chef Henry Bloem dan Chef Hera serta Chef Pipiet (ROC/ICA Amsterdam).

“Kami ingin menciptakan suatu platform bagi para pelaku industri untuk saling bertukar informasi, ide, dan pengalaman antara produsen dan konsumen pada produk industri makanan dan minuman seperti produk makanan, bahan makanan, kemasan makanan, dan juga teknologi pangan. Selain itu, kami juga menyediakan peluang untuk meninjau kemajuan dalam pengembangan makanan, meneliti dan menjawab tantangan yang dihadapi industri saat ini,” terang Danny R. Sultoni, Direktur PT. Bimatama Inter Kreasi.

Berdasarkan rilis Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), total investasi untuk industri makanan dan minuman paruh pertama tahun ini mencapai Rp 36 triliun. Data tersebut, menurut Adhi S. Lukman, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman seluruh Indonesia (GAPMMI), memberi angin optimisme. Karena, nilai total investasi di industri makanan dan minuman tahun 2016 lalu mencapai Rp 67 triliun dan tahun 2015 Rp 43 triliun. Jika semester dua ini masih sama diikuti dengan jumlah investasi semester sebelumnya, maka jumlah investasi di industri mamin berpotensi tumbuh lebih dari Rp 70 triliun.

Di kesempatan terpisah, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengimbau pelaku industri makanan dan minuman untuk tidak hanya memperbesar investasi untuk memperluas pasar tetapi juga melakukan terobosan inovasi produk yang dihasilkan sehingga dapat diminati oleh konsumen dalam negeri dan mancanegara. Oleh karena itu, para stakeholders berpikir untuk menyelenggarakan The Jakarta International Food Expo 2017 – JIFEX 2017 dalam rangka membahas strategi bisnis industri makanan dan minuman Indonesia di masa depan.

/** * Fungsi yang melacak klik pada link keluar di Analytics. * Fungsi ini menggunakan string URL valid sebagai argumen, dan menggunakan string URL tersebut * sebagai label peristiwa. Mengatur metode pengangkutan ke 'suar' memungkinkan klik dikirim * menggunakan 'navigator.sendBeacon' di browser yang mendukungnya. */ var trackOutboundLink = function(url) { gtag('event', 'click', { 'event_category': 'outbound', 'event_label': url, 'transport_type': 'beacon', 'event_callback': function () {document.location = url;} }); }