MNC Play Berperan Serta dalam Jazz Truck 2016 Persembahan Biostv

MNC Play Berperan Serta dalam Jazz Truck 2016 Persembahan Biostv

Surabaya – Untuk  mewadahi para penggiat seni untuk mengekspresikan diri mereka terutama melalui musik jazz, MNC Play bersama Biostv menyelenggarakan sebuah festival jazz bertajuk ‘Jazz Truck 2016’. Acara ini merupakan sebuah program off air Biostv, salah satu stasiun televisi lokal di Surabaya, yang diselenggarakan pada 15 dan 16 Oktober 2016 di Balai Pemuda Surabaya. Ajang gathering para musisi dan pencinta jazz di Surabaya ini dilengkapi dengan Foodtruck Corner dan Jazz Community Performance yang dikemas dalam nuansa Jazz Truck 2016 yang bertujuan untuk melahirkan bibit-bibit baru di ranah musik jazz, utamanya di kalangan remaja.

Musik jazz memang bukanlah genre musik paling populer, namun setidaknya jazz sudah memiliki fondasi yang kuat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya keberadaan komunitas penggemar jazz di Indonesia.

“Komitmen MNC Play untuk mendukung penggiat seni di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Penggiat seni memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan industri kreatif yang berbasis kreativitas yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi,” ungkap Fredy Arianto Yuwono, Senior Sales Manager MNC Play Surabaya. “Teknologi internet melalui fiber optic yang diusung MNC Play dapat memberikan manfaat bagi penggiat seni sebagai contoh jika mereka ingin memperbarui pengetahuan mereka mengenai perkembangan seni atau ingin memperlihatkan bakat mereka melalui sosial media. Layanan MNC Play yang menghadirkan internet berkecepatan tinggi hingga 1000 Mbps. Kami juga memiliki saluran-saluran terkait musik yang bisa menambah pengetahuan musik para penggiat seni seperti Channel V, Nat Geo Music dan lainnya,” tambah Fredy.

Jazz dikenal lewat nada irama yang pelan dan easy listening. Selain itu jazz juga memiliki ciri khas intrumen berupa gitar, saksofon, trumpet, biola, piano dan instrumen alat musik lainnya.

Perkembangan musik jazz memiliki sejarah yang cukup panjang. Jazz juga memiliki subgenre jenis aliran musik jazz yang cukup banyak. Perkembangan musik jazz juga telah masuk di Indonesia dan kini sudah mulai populer.

Era musik modern di awal modern, musik jazz kian bertransformasi dengan genre musik lain. Ada banyak musisi dan penyanyi beraliran jazz yang populer dengan memadukan dengan genre dan jenis musik lain. Dewa Budjana, Andien, Tompi, Syaharani hingga grup band Maliq & D’Essentials adalah contoh musisi jazz yang non-mainstream. Mereka pun masuk dalam deretan penyanyi jazz Indonesia terbaik saat ini.

Saat ini musik jazz pun banyak digemari dan sering diputar di kafe-kafe di kota kota besar di Indonesia. Ada banyak komunitas komunitas jazz yang tersebar di Indonesia, terutama di kota Jakarta, Surabaya, Bandung atau Bali yang memang sering mengadakan konser Java Jazz dan festival jazz lainnya.

Untuk memeriahkan acara ini, Biostv menghadirkan penampilan dari band-band dari komunitas jazz asli Surabaya Seperti Fusion Jazz, Korek Jazz, ITS Jazz Ctwosix Jazz Club Dan Surabaya All Star dan menghadirkan bintang tamu Silampukau.

“Kami berharap acara ini dapat menemukan bibit-bibit baru khususnya untuk mengembangkan musik jazz. Tentunya acara ini tidak akan berlangsung dengan sukses tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, kami sangat mengapresiasi hal ini,” ucap Wahyu A. Priambodo, GM Biostv.

Acara meliputi Jazz Music Performance, Gathering Jazz Community, Coaching Clinic, Saxophone Parade, Repairing Instrument, Food Truck Corner, Teen Jazz Competition, Jazz Community Perform, Teen Jazz Competition, dan Lomba Fotografi.

Music Performance akan digelar selama 2 hari yakni Day 1 : 15 Oktober 2016 : Silampukau. ITS Jazz, SBY All Star, Jazz Community Perform, Finalis Teen Jazz Competition. Dan Day 2 : 16 Oktober 2016 ; Fusion Jazz Community, Korek Jazz, Jazz Community Performance dan Finalis Teen Jazz Competition.