MNC Play Berkontribusi dalam Kesuksesan Universitas Brawijaya IT Innovation Gathering 2016

MNC Play Berkontribusi dalam Kesuksesan Universitas Brawijaya IT Innovation Gathering 2016

Malang – Teknologi Informasi telah mengalami perkembangan sedemikian jauh, baik dari segi kompleksitas, kualitas maupun utilitasnya dalam beragam aspek kehidupan masyarakat dan bangsa, khususnya di Indonesia. Fenomena ini menuntut adanya konvergensi ide dan pemikiran sehingga perkembangan tersebut secara optimal mampu memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang IT dan kemasyarakatan. Untuk itu, MNC Play bersinergi dengan MNC Insurance dan MNC Finance turut berkontribusi dalam gelaran Universitas Brawijaya IT Innovation Gathering 2016 pada tanggal 15 sampai dengan 19 Oktober 2016 di Universitas Brawijaya, Malang dengan konsep an integrated and federated educational event.

“Sebagai penyedia teknologi internet yang terdepan di Indonesia, kami tentunya ingin memberikan berperan serta dalam memajukan perkembangan inovasi di bidang teknologi. Inovasi tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Sebagai contoh, teknologi fiber yang dihadirkan oleh MNC Play merupakan inovasi baru dalam perkembangan internet di tanah air. Inovasi ini membuat kecepatan internet MNC Play memiliki mencapai 1000 Mbps, berbeda dari teknologi sebelumnya,” ungkap Ary Aryanto, Branch Head MNC Play Malang.

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), sebagai fakultas yang memiliki relevansi yang kuat di bidang IT, dengan visi “Menjadi pusat keunggulan (centre of excel- lence) entrepreneur pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komputer di tingkat nasional dan internasional melalui integrasi Tridharma perguruan tinggi”, memandang perlu dan penting untuk mengejawantahkan visi tersebut ke dalam sebuah kegiatan keilmiahan yang mampu memfasilitasi terjadinya konvergensi ide dan pemikiran bagaimana perkembangan IT di Indonesia harus diarahkan dalam rangka peningkatan daya saing bangsa.

Universitas Brawijaya IT Innovation Gathering (UBITIG), yang pada tahun 2016 ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015. ”Kegiatan ini dirancang untuk menjadi ajang ilmiah dan pembangunan jejaring yang efektif dalam mempertemukan berbagai pemangku kepentingan di bidang IT di Indonesia, yaitu akademisi, peneliti, pengusaha, birokrat, dan praktisi,” Tri Astoto, Ketua Panitia UB IT Innovation Gathering 2016. Pada pelaksanaan yang pertama tahun 2015, UB IT Innovation Gathering telah mampu diselenggarakan dengan baik pada tanggal 14 Januari 2015.

“Berangkat dari kesuksesan menyelenggarakan kegiatan ini pada tahun 2015 dan dalam rangka mengembangkan jejaring keilmuan, industri dan birokrasi di bidang IT maka pada tahun 2016 ini akan diselenggarakan kembali UB IT Innovation Gathering yang kedua kalinya dengan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas jenis kegiatan yang dilaksanakan. Dengan terlaksananya kegiatan UB IT Innovation Gathering (UBITIG 2016) kali kedua ini dengan baik diharapkan nantinya mampu memberikan kemanfaatan yang besar bagi kemajuan keilmuan di bidang IT, masyarakat dan bangsa serta meningkatkan peran strategis FILKOM dan UB dalam bidang IT di Indonesia secara nasional maupun internasional,” tambah Tri.

Pada tahun ini, event UB IT Innovation Gathering 2016 menampilkan satu kegiatan utama yaitu The 1st International Conference on Sustainable Information Engineering and Technologi (SIET 2016). Selain itu, ada pula enam kegiatan tambahan seperti The 2ndInternational Symposium on Geoinformatics (ISyG 2016), CEO Talks, Research Showcae, Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN 2016), IT Challenge dan IT Exhibition/ Expo. Kegiatan kolaborasi degan Universitas Indonesia pun digelar dalam event ini yang menampilkan The 8th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS 2016).