MNC Play Bantu Menyukseskan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang

MNC Play Bantu Menyukseskan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang

Semarang –  Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali hadir di Semarang  untuk mencari generasi muda penggerak bangsa yang ingin menciptakan solusi untuk membawa Indonesia menjadi negara besar. Setelah melalui tahapan Ignition (fase awal) pertama, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang melaksanakan tahap Ignition kedua pada 4 Februari 2017 di Wisma Perdamaian, Jalan Imam Bonjol No. 209. Dalam kesempatan ini, MNC Play turut membantu menyukseskan acara ini untuk bersama-sama mengembangkan industri digital Indonesia.

Paulus Layre Hariawan, Branch Head MNC Play Semarang mengungkapkan, “Startup-startup digital yang akan dibentuk melalui gerakan ini nantinya akan bertumpu pada kekuatan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk aktivitas usahanya dan kami meyakini bahwa layanan internet berkecepatan tinggi MNC Play mampu untuk menjawab kebutuhan ini. Terlebih lagi, layanan kami juga memiliki kecepatan simetris 1:1 antara download dan upload. Inilah bentuk keterlibatan kami dalam menyukseskan pergerakan baru di industri digital untuk menggapai mimpi bersama dalam menjadikan Indonesia yang lebih maju.”

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki potensi industri startup digital yang sangat baik. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Oktober 2016 lalu, infrastruktur internet di Semarang telah meningkat, hal ini berkaca dari naiknya angka pengguna internet di sana yang kini telah mencapai 35 persen dari total populasi 1,5 juta penduduk.

Selain infrastruktur yang sudah memadai, potensi ini juga mendapat dukungan pemerintah. Pada tahun 2017 pemerintah Kota Semarang diprediksi akan membangun ?urban learning center di 16 kecamatan.

Melaui ?Gerakan Nasional 1000 ?Startup Digital, potensi tersebut akan dimanfaatkan sebagai momentum untuk Indonesia demi meningkatkan angka? ?entrepreneur yang siap merintis startup digital? yang ?sustainable, serta menjadi solusi dari permasalahan yang ada di negeri ini. Semarang menjadi satu dari 10 kota yang akan disambangi program besutan KIBAR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini.

“Pada Ignition kedua ini, kita mau coba mengaplikasikan konsep acara yang berbeda dari Ignition pertama. Konsep acara akan dibuat lebih fresh yang sesuai dengan anak muda. Selain itu, pembicara-pembicara yang kita undang juga akan berbagi cerita tentang kegagalan mereka dalam membangun sebuah startup, jadi para peserta dapat belajar dari pengalaman mereka,” jelas Andrie Widyastama, Founder & CEO Durenworks dan Business Development Impala Space Semarang yang juga mitra lokal Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang.

Tahap Ignition adalah sebuah seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship. Dengan membawa tema membangun pola pikir, Ignition akan memaparkan berbagai subjek, meningkatkan minat pembelajaran, inspirasi, dan ide untuk memprovokasi inisiatif demi bersama-sama membangun Indonesia.

“Semarang sendiri sebenarnya sudah memiliki fasilitas dan infrastruktur yang mendukung perkembangan industri startup di sini. Tantangan yang masih dihadapi Semarang adalah dunia startup ini masih menjadi hal yang baru bagi masyarakat. Program seperti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sangat diperlukan untuk merangsang pikiran anak-anak muda Semarang agar terbuka akan opportunity bisnis startup digital yang bisa menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar mereka,” jelas Andrie lebih lanjut.

Ignition terdiri atas lima sesi panel, yaitu dua sesi presentasi dan tiga sesi talkshow dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup. Setiap sesi akan membahas topik dengan pembicara berbeda, antara lain:

The Vision of Digital Economy

Lis Sutjiati (Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Don’t Start a Business, Solve a Problem

Muhammad Iqbal Hariadi Putra (Manager Marketing Kitabisa.com)

Building Startup Mindset

Aditya Putra (Founder WeddinQ)

Hero Wijayadi (CEO Herosoftmedia)

How To Think Out of The Box

Kristupa Saragih (Founder Fotografer.net)

Building Startup Ecosystem

Faye Alund (Founder Kumpul.co)

Rahmad Fajri (President AIESEC Indonesia),

Prasetyo Andy Wicaksono (Head od IT Development Jakarta Smart City)

Fase pertama dari rangkaian Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini bertujuan untuk menularkan fokus kepada peserta tentang kekuatan ide untuk mengubah perilaku dan hidup, terutama mengubah pola pikir para calon startup founders. Selain itu, Ignition tidak hanya ingin menciptakan sebuah acara untuk membentuk pola pikir 200 peserta saja, namun turut memicu semangat pergerakan dengan mengajak anak muda lainnya di luar sana untuk ikut bergerak. Dengan konten yang berkualitas, peserta diharapkan dapat merasakan adanya dorongan diri sendiri untuk lanjut ke tahap berikutnya, yaitu Workshop.