MENCIPTAKAN LIBURAN YANG MENYENANGKAN & BERKUALITAS DI RUMAH

MENCIPTAKAN LIBURAN YANG MENYENANGKAN & BERKUALITAS DI RUMAH

Oleh : Ajeng Raviando ,Psikolog

“Liburan” merupakan satu kata yang bisa membuat mata anak-anak berbinar kegirangan, Benarkah demikian? Coba Anda lakukan tes berikut ketika pulang ke rumah dan katakan dengan senyum lebar : “Yuk kita liburan!” Kira-kira apa ya reaksi Si Kecil? Sebetulnya reaksi yang akan muncul sangat tergantung dari pemahaman dan perasaannya mengenai kata liburan itu sendiri. Liburan seringkali diartikan sebagai waktunya bepergian ke suatu tempat, seperti tempat rekreasi, ke luar kota atau bahkan luar negeri dan merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Namun kadangkala karena kesibukan yang mendera, kesulitan menyesuaikan jadwal liburan, keterbatasan biaya dan waktu maka keinginan untuk berwisata ke suatu lokasi menjadi terkendala. Jadi kalau tidak kemana-mana alias hanya di rumah saja artinya tidak liburan? Padahal, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan libur sebagai bebas dari bekerja atau masuk sekolah. Mengukur sebuah liburan dari jauhnya perjalanan, banyaknya biaya dan lamanya waktu yang dihabiskan  rasanya kurang tepat. Ukurlah sebuah liburan dari kekayaan pengalaman dan kesempatan untuk memiliki aktivitas bersama keluarga. Oleh karenanya liburan tidak selalu harus bepergian, bahkan liburan yang menyenangkan dan berkualitas sebetulnya bisa dilakukan di rumah.

Jadi bagaimana caranya menyiapkan liburan yang berkesan di rumah? Yang perlu dipertimbangkan adalah mempersiapkan kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Aktivitas tersebut sebaiknya menyenangkan, sesuai dengan hobi dan usia anak. Salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah menonton televisi bersama seluruh anggota keluarga. Tampaknya sederhana, namun menonton televisi bukan hanya merupakan hiburan bagi anak-anak, tetapi juga merupakan sarana sosialisasi yang penting (Leifer dkk dalam Elizabeth Hurlock, 1980). Sosialisasi yang dimaksud disini adalah adanya kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dengan orang lain mengenai apa yang disaksikan  saat menonton televisi,  tukar pendapat dan berbagi perasaan tentang tontonan tersebut serta berbincang mengenai makna apa yang diperoleh setelah menonton program acara atau film di televisi. Anak jadi bisa mengetahui pandangan orangtua tentang film tertentu dan sebaliknya orangtua pun dapat memahami mengapa anak menyukai program acara tertentu.

Di jaman sekarang, perkembangan televisi dengan adanya TV kabel dan internet makin pesat, pilihan program dan konten makin beragam, bahkan kini tidak hanya perusahaan yang bisa membuat acara televisi, perorangan pun mampu membuat konten yang digemari oleh masyarakat luas meski hanya ditayangkan di internet seperti Youtube, dan lain sebagainya. Fenomena youtubers atau selebgram sudah menjadi hal yang biasa. Kalau dahulu untuk menjadi terkenal harus melalui media televisi, saat ini tidak lagi karena internet bisa menjangkau hingga ke pelosok. Ketika mengisi waktu liburan di rumah dengan menonton acara televisi atau konten di internet bersama-sama, ada kesempatan untuk anggota keluarga mengetahui minat ayah, ibu, kakak atau adik melalui acara yang digemari secara lebih mendalam. Siapa tahu minat tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu kegiatan positif dan bermanfaat? Misalnya ternyata ibu yang senang menonton program interior dan selama ini belum bisa teraktualisasi karena kesibukan sehari-hari, di saat liburan aktivitas tersebut dapat diwujudkan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. Adik yang selama ini merekam kegiatan menarinya sendiri, waktu liburan bisa mendapatkan bantuan dari kakak, ayah dan ibu untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih baik dan bisa dinikmati hasilnya oleh seluruh keluarga.. Selain itu dengan mengetahui acara kesukaan anggota keluarga, orangtua mempunyai kesempatan untuk memberikan masukan jika acara tersebut ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi anak. Pencegahan sejak dini patut dilakukan karena secara psikologis anak-anak belum mampu membedakan mana hal-hal yang baik dan mana hal-hal yang buruk dari tayangan televisi maupun internet.

Agar nuansanya terasa berbeda, di kala liburan ada baiknya dibuat suatu aktivitas seru saat menentukan program acara atau film, misalnya pemilihan berdasarkan undian, setiap anggota keluarga mendapatkan kesempatan untuk menentukan konten yang ingin disaksikan atau tema tertentu (masak bersama setelah menonton program memasak, menyaksikan program interior kemudian menata interior rumah bersama, membuat proyek seni sekeluarga dengan menggunakan ide yang diperoleh dari internet / televisi dan sebagainya) sehingga seluruh keluarga merasa senang dan menikmati kebersamaan karena kegiatan yang dilakukan dapat makin mendekatkan ikatan emosional antar anggota keluarga. Apalagi, tayangan yang ditawarkan saluran televisi free to air ataupun televisi berbayar juga semakin beragam. Salah satunya layanan Interaktif TV Kabel MNC Play dengan ratusan saluran menarik yang bisa dijadikan inspirasi dalam menciptakan aktivitas menyenangkan bersama anak dan keluarga di rumah. Yang perlu dijadikan acuan adalah bagaimana agar semua individu dalam keluarga merasa jadi bagian dari kegiatan yang direncanakan dalam liburan menyenangkan dan berkualitas di rumah, mendapatkan pengalaman tak terlupakan serta bergembira bersama. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika memang harus liburan di rumah, kini saatnya menjadikan rumah sebagai tempat yang dituju, ruang dimana seluruh anggota ingin kembali, menyalurkan hobi yang terpendam, tempat menonton acara televisi favorit, oleh karenanya rumah tempat kita semua menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba ya!

/** * Fungsi yang melacak klik pada link keluar di Analytics. * Fungsi ini menggunakan string URL valid sebagai argumen, dan menggunakan string URL tersebut * sebagai label peristiwa. Mengatur metode pengangkutan ke 'suar' memungkinkan klik dikirim * menggunakan 'navigator.sendBeacon' di browser yang mendukungnya. */ var trackOutboundLink = function(url) { gtag('event', 'click', { 'event_category': 'outbound', 'event_label': url, 'transport_type': 'beacon', 'event_callback': function () {document.location = url;} }); }