Call Center: 1500 121 whatsapp tiktok

FAQ

Apa perbedaan antara metode postpaid dengan metode prepaid?

Metode postpaid adalah pembayaran yang dilakukan setiap bulan sesuai billing cycle;

Metode prepaid adalah metode berlangganan dengan pembayaran di awal, sesuai dengan pemakaian dan durasi masa berlaku.

Apa perbedaan layanan data Light Speed Internet Access dengan layanan data lainnya?

Light Speed Internet Access menyediakan paket layanan data unlimited dengan teknologi FTTH (Fiber to The Home) yaitu koneksi kabel fiber optik hingga ke rumah Pelanggan, di mana dengan teknologi ini maka Pelanggan dapat menikmati layanan data dengan kualitas Light Speed.

Apabila Pelanggan memutuskan berhenti berlangganan sebelum atau sama dengan bulan ke-12, apakah Pelanggan dikenakan penalty?

Ya, Pelanggan dikenakan penalti sebesar Rp500.000,- (belum termasuk PPN 11%).

Apa saja yang Pelanggan dapat jika mengikuti promo Internet MNC Play, dan sampai kapan masa periode program promo berlaku?

Saat ini MNC Play memiliki beberapa program promo, yaitu:

  1. Gratis biaya instalasi 100%.
  2. Upgrade speed internet up to 2 kali dari bandwith regular yang dipilih.
  3. Discount up to 40% untuk pembayaran di muka (advance payment).
  4. Bonus ratusan channel pilihan.
Apakah yang dimaksud dengan kecepatan “Up to”?
Kecepatan “Up to” digunakan untuk merujuk kepada penggunaan jasa MNC Play dimana kecepatan internet bersifat “sharing” dengan beberapa Pelanggan.
Apa yang harus saya lakukan agar dapat menikmati High Speed Internet Access dari MNC Play?

Cara menikmati High Speed Internet Access:
1. Cek cakupan wilayah layanan MNC Play di www.mncplay.id atau Pelanggan dapat menghubungi Customer Care MNC Play.
2. Lakukan registrasi melalui Website, Hotline, WhatsApp Interaktif, Walk in Center, Direct Sales, dll yang selanjutnya akan di-follow up oleh Tim MNC Play.
4. Lakukan pembayaran layanan MNC Play melalui channel pembayaran resmi.
5. Tim MNC Play bersama Pelanggan akan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan instalasi.
6. Hubungi Customer Care MNC Play untuk informasi lebih lanjut:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Apakah saya dapat melakukan upgrade Paket High Speed Internet?
Ya, Pelanggan bisa melakukan upgrade Paket High Speed Internet dengan menghubungi Customer Care MNC Play.
Bagaimanakah billing cycle (siklus tagihan) Paket High Speed Internet Access?
Billing cycle (siklus tagihan) terdiri atas :
  1. BC 1 berlaku bagi pelanggan yang melakukan aktivasi tanggal 26 – 1, pemakaian dari tanggal 1 – 31.
  2. BC 5 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 2 – 5, pemakaian dari tanggal 5 – 4.
  3. BC 10 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 6 – 10, pemakaian dari tanggal 10 – 9.
  4. BC 15 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 11 – 15, pemakaian dari tanggal 15 – 14.
  5. BC 20 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 16 – 20, pemakaian dari tanggal 20 – 19.
  6. BC 25 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 21 – 25, pemakaian dari tanggal 25 – 24.
Mengapa terjadi blokir layanan?
Blokir layanan terjadi jika Pelanggan tidak melakukan pembayaran hingga 3 hari setelah tanggal jatuh tempo yang merupakan tanggal BC (billing cycle)/siklus tagihan. Blokir layanan berarti Pelanggan tidak dapat menikmati layanan.
Bagaimanakah cara pembayaran yang dapat dipilih Pelanggan?

MNC Play memiliki beberapa metode pembayaran yang dapat di lihat pada link berikut:

mncplay.id/how-to-pay-online/ dan mncplay.id/tata-cara-pembayaran/

Apakah satu ID Pelanggan dengan alamat yang sama dapat berlanggan lebih dari satu Paket High Speed Internet?
Tidak, Pelanggan hanya bisa berlangganan satu Paket High Speed Internet Access.
Apakah untuk pemasangan baru dikenakan biaya instalasi ?
Ya, pemasangan baru akan dikenakan biaya instalasi sebesar Rp200.000,- (belum termasuk Ppn 11%), kecuali apabila ada program promo biaya instalasi.
Apakah ada peralatan sejenis modem untuk menikmati Paket High Speed Internet Access?
Ya, alat yang dimaksud adalah ONT (Optical Network Terminal) dan alat tersebut adalah dipinjamkan ke pelanggan.
Apa saja fungsi Optical Network Terminal (ONT)?
  1. WIFI 2.4 GHz
  2. 4 port Ethernet
  3. 2 POTS (tidak digunakan)
  4. 1 Slot USB (tidak digunakan)
Bagaimana jika material paket instalasi pemasangan baru kurang atau tidak cukup?
Jika material yang dibutuhkan lebih dari yang diberikan dalam paket instalasi, maka Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan untuk membeli materi yang dibutuhkan.
Setiap tanggal berapa dilakukan penghitungan tagihan (generate bill)?
Penghitungan tagihan (generate bill) dilakukan setiap H-15 sebelum tanggal jatuh tempo (tanggal billing cycle/siklus tagihan).
Secara standar, melalui media apakah Pelanggan akan mendapatkan tagihan?
  1. Email : Maksimum H-10 dari tanggal jatuh tempo atau 5 hari setelah generate bill, 3 hari sebelum jatuh tempo, dan 1 hari sebelum jatuh tempo.
  2. SMS : H-3 sebelum jatuh tempo.
Apakah Pelanggan bisa mencetak tagihan?

Bisa. Pelanggan akan dikenakan biaya Rp10.000,- (belum termasuk PPN 11%) per bulannya. Tagihan cetak akan dikirim maksimal H-5 dari tanggal jatuh tempo atau 10 hari setelah generate bill.

 

 

Apakah pelanggan akan dikenakan biaya tambahan jika melakukan pembayaran di ATM?

Ya. Pelanggan akan dikenakan biaya administrasi tambahan saat melakukan pembayaran di ATM sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Apakah Pelanggan akan mendapatkan reminder tagihan apabila belum melakukan pembayaran?

Ya. Reminder tagihan akan dikirimkan melalui :

  1. Email : Email akan diberikan ke Pelanggan pada H-3 dan H-1 sebelum tanggal jatuh tempo.
  2. SMS : SMS akan diberikan ke Pelanggan pada H-3 dan H+2 sebelum tanggal jatuh tempo.
  3. Telepon : Pelanggan akan ditelpon pada H+2 s/d H+4 setelah tanggal jatuh tempo.
Apa yang akan terjadi jika pelanggan berhenti berlangganan secara permanen?

Perangkat yang telah dipinjamkan akan ditarik kembali, seperti:

  1. 1 unit Optical Network Terminal (ONT)
  2. 1 Adaptor Power
  3. 1 unit kabel UTP (RJ – 45)
  4. 1 unit Rosset (terminal Box)
Apakah IP yang tersedia pada layanan adalah IP publik?

Tidak, IP yang digunakan adalah IP Private.

Apakah ada paket internet khusus untuk Pelanggan MNC Vision?

Ya, ada.

Ala carte Internet Retail Residential MNC Vision

Internet Before 10% Ppn After 10% Ppn
  Up to 10 Mbps
Rp 249.000 Rp 273.900
  Up to 15 Mbps
Rp 349.000 Rp 383.900
  Up to 20 Mbps Rp 519.000 Rp 570.900
  Up to 30 Mbps Rp 789.000 Rp 867.900
  Up to 50 Mbps Rp 1.589.000 Rp 1.747.900
  Up to 100 Mbps Rp 2.999.000 Rp 3.298.900
  Up to 200 Mbps Rp 6.999.000 Rp 7.698.900

 

Ala carte Internet Retail SOHO/SME MNC Vision

Internet Before 10% Ppn After 10% Ppn
  Up to 7 Mbps
Rp 429.000 Rp 471.900
  Up to 15 Mbps
Rp 649.000 Rp 713.900
  Up to 25 Mbps Rp 1.089.000 Rp 1.197.900
Apa yang dimaksud dengan Paket Internet Retail MNC Vision?

Paket Internet Retail MNC Vision adalah layanan internet dari MNC Vision di mana layanan ini merupakan Ala carte MNC Vision dan wajib berlangganan TV berbayar MNC Vision. Layanan internet MNC Vision tersedia karena bekerja sama dengan MNC Play.

Apa saja jenis paket yang tersedia dalam Paket Internet Retail MNC Vision?
  • Paket Internet Retail Residential adalah paket internet untuk Pelanggan perumahan individual yang sudah berlangganan TV berbayar MNC Vision. Pelanggan perumahan individual yang dimaksud adalah Pelanggan perumahan individual horizontal atau perumahan individual vertikal (apartemen) yang digunakan sebagai tempat tinggal dan bukan usaha.
  • Paket Internet Retail SOHO/SME adalah paket internet untuk jenis pelanggan dengan usaha perseorangan atau grup dengan skala kecil menengah yang menggunakan ruko, rukan, rumah sebagai tempat usaha yang sudah berlangganan TV berbayar MNC Vision.
Kapan Pelanggan dapat menurunkan paket?

Pelanggan bisa menurunkan paket setelah periode 6 bulan dari aktivasi pertama mereka.

Mengapa Internet & IPTV tidak bisa dan lampu LOS menyala merah?

Kendala Loss Merah dapat disebabkan karena adanya:

1. Kabel pacthcore kendur, terputus, atau tertekuk (kabel kuning yang berada dibawah perangkat ONT/modem)
2. Kerusakan dari sisi perangkat ONT
3. Kendala yang bersifat massal
4. Pemeliharaan jaringan dari sisi perangkat luar

First Level Handling (FLH):

1. Pastikan sudah melakukan pembayaran sesuai dengan ID Pelanggan serta nominal yang harus dibayarkan (ditagihkan). Estimasi pengaktifan maksimal 2×60 menit setelah Pelanggan melakukan pembayaran.
2. Pastikan sedang tidak terjadi kendala massal atau pemeliharaan jaringan.
3. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT:

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

4. Pelanggan perlu menyalakan ulang (restart) perangkat ONT serta STB.
5. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa Internet & IPTV tidak bisa dan lampu PON menyala berkedip?

Kendala Pon Blinking dapat disebabkan karena adanya:

  1. Impact Migrasi Kabel
  2. Kesalahan input PORT di FAT

Fisrt Level Handling (FLH) :

1. Pastikan sudah melakukan pembayaran sesuai dengan ID Pelanggan serta nominal yang harus dibayarkan (ditagihkan). Estimasi pengaktifan maksimal 2 x 60 menit setelah Pelanggan melakukan pembayaran.
2. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT :

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

3. Pelanggan perlu menyalakan ulang (restart) perangkat ONT serta STB.
4. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa perangkat ONT tidak menyala sama sekali/ONT Broken?

ONT Broken dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Adanya pemadaman listrik
  2. Catu daya/stop kontak tidak berfungsi
  3. Kabel patchcore/kabel adaptor rusak
  4. Perangkat ONT rusak

Fisrt Level Handling (FLH) :

  1. Pastikan sedang tidak ada pemadaman listrik.
  2. Cek stop kontak dan coba pindahkan posisi ke stop kontak yang lain.
  3. Pastikan kabel patchcore & adaptor terpasang dengan benar/tidak kendur.
  4. Kerusakan perangkat ONT akan dikenakan biaya senilai Rp1.000.000,- sebelum PPN 11%.
    *Notes : Jika kerusakan dari sisi pelanggan seperti terbanting, terinjak, atau tersiram air.
  5. Jika perangkat STB rusak karena bencana alam atau perangkat hilang, Pelanggan harus melampirkan surat keterangan terkena bencana dari RT/RW atau surat kehilangan dari kepolisian agar tidak dikenakan biaya pergantian.
  6. Untuk memproses laporan, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
    Hotline            : 1500121
    WA Interaktif : 0899-1500-686
    Email                : ccare@mncplay.id
Apa penyebab layanan internet melambat?

Faktor-faktor penyebab internet melambat:
1. Penggunaan Internet yang tidak sesuai.
Contoh penggunaan internet yang sesuai:
– Moderate Usage : Email, Web Browsing, Social Media, Simple Online & PC Game dan Meeting Online tanpa Video.
– Heavy Usage : Streaming Video Berkualitas HD, Meeting Online dengan Video dan Online Multiplayer mobile & PC Games berkualitas HD.
2. Bandwidth yang digunakan tidak sesuai atau melebihi kapasitas bandwidth yang dimiliki pengguna.
3. Posisi perangkat ONT dengan perangkat Pelanggan (HP, Laptop, Smart TV,dll) melebihi jarak ideal, yaitu 5 meter, terhalang tembok/kaca, dan berbeda lantai.

First Level Handling (FLH) :
1. Disarankan menggunakan Access Point (Router Tambahan), jika jarak router dengan perangkat lebih dari 5 meter atau berbeda lantai.
2. Pastikan waktu penggunaan tidak pada jam sibuk (peak hour) 19.00 – 23.00 WIB.
3. Tidak sedang terjadi kendala gangguan kepadatan jaringan.
4. Restart berkala perangkat ONT.
5. Pastikan tidak ada aplikasi downloader seperti Torrent, IDM, dll. Aplikasi downloader bersifat auto running, sehingga dapat menyebabkan internet tetap berjalan pada kondisi komputer stand by (menyala namun tidak digunakan) dan menyebabkan internet melambat karena penggunaan internet terbagi dengan aplikasi tersebut.
6. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa internet tidak dapat diakses?

Internet tidak bisa diakses dapat disebabkan oleh berberapa faktor berikut:
1. Full Session / High Connection
2. Lampu WIFI tidak menyala
3. No IP (IP not deliver)
4. WIFI tidak terdeteksi
5. Kata sandi salah

First Level Handling (FLH):
1. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT:

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

2. Pastikan sedang tidak terjadi kendala masal atau pemeliharaan jaringan.
3. Pastikan penggunaan Heavy Usage tidak melebihi kapasitas bandwidth yang digunakan.
4. Pastikan perangkat ONT berada pada jarak ideal 5 meter dari perangkat Pelanggan (HP, Laptop, Smart TV, dll), tidak terhalang tembok/kaca, dan tidak berbeda lantai.
5. Disarankan menggunakan Access Point (Router tambahan), jika jarak lebih dari 5 meter atau berbeda lantai.
6. Restart berkala untuk perangkat ONT.
7. Pastikan tidak ada aplikasi downloader seperti Torrent, IDM, dll. Aplikasi downloader bersifat auto running, sehingga dapat menyebabkan internet tetap berjalan pada kondisi komputer stand by (menyala namun tidak di gunakan) dan menyebabkan internet melambat karena penggunaan internet terbagi dengan aplikasi tersebut.
8. Jika lampu WIFI/WLAN tidak menyala pada perangkat ONT, disarankan untuk menekan tombol WIFI/WLAN yang berada di bagian belakang perangkat.
9. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya tidak sesuai dengan sebelumnya (Current Balance tidak sesuai/teradapat kenaikan tagihan)?

Kenaikan tagihan Pelanggan dapat disebabkan oleh:
1. Biaya pengaktifan ulang (karena Pelanggan melakukan pembayaran melebihi masa jatuh tempo dan layanan sempat terhenti sementara).
2. Terdapat Additional Fee/Biaya tambahan. Contoh: Penambahan kabel LAN, pergantian aksesori (Kabel adaptor, RJ 45, Remote, Kabel HDMI), atau perangkat (ONT/STB jika kerusakan dari sisi Pelanggan).
3. Terdapat biaya pemindahan perangkat (dalam satu alamat atau berbeda alamat).
4. Ada permintaan perubahan paket dan penambahan channel dari Pelanggan.
5. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya belum muncul?

Tagihan Pelanggan belum tercetak dapat disebabkan oleh:
1. Sedang ada proses Downgrade/Remove.
2. Tagihan baru akan muncul pada H+1 BC.
3. Sudah dilakukan pembayaran lebih awal.
4. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya berbeda dengan kerabat/teman/tetangga?

Perbedaan nominal tagihan antar Pelanggan dapat disebabkan oleh:
1. Paket berlangganan yang digunakan berbeda walaupun speed sama, karena MNC Play memiliki 2 promo yang berbeda yaitu Promo Buy X Get X dan Advance Payment.
2. Setiap promo memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing program.
3. Terdapat perbedaan Paket Channel pada Add On.
4. Terdapat Additional Fee/biaya tambahan. Contoh: Penambahan kabel LAN, pergantian aksesori (Kabel adaptor, RJ 45, Remote, Kabel HDMI), atau perangkat (ONT / STB jika kerusakan dari sisi Pelanggan).
5. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Bagaimana cara melakukan pembayaran melalui website (Online Payment) untuk cicilan?

Cara melakukan online payment:
1. Masuk ke website https://billing.mncplay.id
2. Masukan ID Pelanggan, klik kirim.
3. Jika sudah muncul rincian tagihan pilih “YA”.
4. Pilih pembayaran Credit Card “Installment“, klik “Bayar” untuk melanjutkan pembayaran.
5. Masukan data Credit Card sampai dengan No. CVC, klik “Bayar” untuk melanjutkan pembayaran.
6. Setelah menerima Kode OTP melalui SMS, masukan Kode OTP pada tahapan pembayaran.
7. Akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran telah berhasil.
8. Download bukti pembayaran/struk transaksi.
9. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa layanan belum bisa digunakan padahal pembayaran sudah masuk?

Proses pengecekan pembayaran Pelanggan:
1. Jika layanan masih belum aktif, Pelanggan perlu menunggu min. 15 menit setelah melakukan pembayaran.
2. Restart Perangkat ONT setelah melakukan pembayaran.
3. Apabila layanan masih belum bisa digunakan, silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa muncul lampu indikator merah pada perangkat padahal saya sudah melakukan pembayaran?

Kendala Loss Merah dapat disebabkan oleh:
1. Kabel pacthcore kendur, terputus, tertekuk (kabel kuning yang berada dibawah perangkat ONT/modem)
2. Kerusakan dari sisi perangkat ONT
3. Kendala bersifat massal
4. Adanya pemeliharaan jaringan dari sisi perangkat luar

First Leve Handling (FLH):
1. Jika tagihan sudah masuk ke sistem namun layanan masih belum aktif, maka tim MNC Play akan mengaktifkan status ID Pelanggan terlebih dahulu.
2. Pastikan sedang tidak terjadi kendala massal atau pemeliharaan jaringan.
3. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT:

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

4. Pelanggan memulai ulang/restart perangkat ONT dan STB.
5. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

 

Apa saja promo yang berlaku saat berlangganan MNC Play?

Promo yang berlaku setiap bulan:
1. Bagi Pelanggan baru (New Subscriber) MNC Play, tersedia Promo Advance Payment. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website mncplay.id/interactive-cable-tv/
2. Bagi Pelanggan lama (Existing) MNC Play tersedia Promo Buy X Get X dan Advance Payment. Informasi lebih lanjut mengenai promo yang berjalan akan dijelaskan kembali oleh Tim MNC Play.
3. Untuk mendapatkan detail informasi lainnya, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa saya mendapatkan email tagihan padahal sudah bayar?

Penyebab tagihan masih terkirim ke email:
1. System Error
2. Saat ini pengiriman email di MNC Play sudah menerapkan sistem otomatis. Mohon abaikan jika Pelanggan sudah melakukan pembayaran namun masih menerima reminder.
3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Bagaimana cara pengajuan penambahan channel/STB/IP Public jika saya sudah bayar tagihan di awal?

Cara pengajuan penambahan channel/STB/IP Public bagi Pelanggan yang sudah melakukan pembayaran di awal:
1. Ajukan permintaan penambahan Add On Channel/STB/IP Public.
2. Bagi Pelanggan dengan Paket Advance Payment (AP) : AP3/AP6/12 yang menginginkan Add on Channel bisa diajukan dengan metode pembayaran yang sama dengan basic atau dapat memilih metode AP1/AP3/AP6/AP12.
3. Khusus untuk penambahan STB/IP Public harus menyesuaikan dengan metode pembayaran yang dipilih pada paket basic yaitu AP1/AP3/AP6/AP12.
4. Bagi Pelanggan yang menggunakan promo Buy x Get x dapat dihitung dari sisa promo yang berlaku.
5. Untuk pengajuan penambahan Add on, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Mengapa layanan saya ikut terkendala saat sedang ada perbaikan yang dilakukan oleh teknisi di tiang?

Penyebab layanan ikut terkendala saat terdapat perbaikan yang dilakukan oleh teknisi adalah:
1. Pengaruh Migrasi Kabel.
2. Kesalahan input PORT di FAT.
3. Adanya jalur kabel yang sama dengan Pelanggan yang sedang terkendala, sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk semua Pelanggan dalam 1 tiang yang sama.
4. Jika ada indikasi lampu indikator LOS menyala merah, akan dilakukan pengecekan dampak kendala masal atau personal.
5. Lakukan penanganan pertama di rumah dengan memastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT :

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI/WLAN menyala
– Internet menyala

6. Pelanggan bisa memulai ulang/restart perangkat ONT dan STB.
7. Apabila masih terkendala, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Bagaimana alur sistem pembayaran?

Alur proses pembayaran:
1. Pembayaran secara online seperti melalui Mesin ATM, Mobile Banking – Virtual Account, Web Payment akan langsung masuk ke sistem billing MNC Play minimal 15 menit setelah pembayaran.
2. Jika sudah melakukan pembayaran saat layanan sempat terhenti sementara, Pelanggan dapat memulai ulang/restart perangkat ONT (perangkat WIFI yang berantena).
3. Apabila Pelanggan sudah metunggu 15 menit namun layanan belum dapat digunakan, Pelanggan dapat menghubungi Customer Care MNC Play untuk dilakukan pengecekan apakah status pembayaran sudah masuk atau belum serta pengecekan sinyal internet.
4. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Apa yang dimaksud dengan biaya pengaktifan ulang?

1. Biaya pengaktifan ulang adalah biaya yang dikenakan kepada Pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran tagihan bulanan.
2. Keterlambatan pembayaran setelah H+4 tanggal jatuh tempo dengan status berlangganan terhenti sementara.
3. Biaya pengaktifaan ulang sebesar Rp25.000,-.
4. Biaya pengaktifan ulang akan tertagih pada bulan berikutnya.
5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Apakah saya bisa melanjutkan layanan kembali sesudah berhenti berlanggganan?

1. Jika perangkat MNC Play masih ada di rumah Pelanggan, Pelanggan bisa mengajukan pengaktifan kembali dengan ID yang lama.
2. Jika perangkat sudah ditarik oleh Tim MNC Play, maka Pelanggan dapat mendaftar sebagai Pelanggan Baru melalui website www.mncplay.id
3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Apakah saya bisa melanjutkan promo yang sama setelah promo yang sedang diikuti berakhir?

Bisa, selama promo masih tersedia.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline            : 1500121
WA Interaktif : 0899-1500-686
Email                : ccare@mncplay.id

Apa yang dimaksud dengan Interactive Cable TV?

Interactive Cable TV adalah layanan Paid TV dari MNC Play. Disebut Interactive Cable TV karena dengan adanya Interactive Cable TV, komunikasi menggunakan TV menjadi 2 arah. Tidak hanya menerima paket data, namun juga mengirimkan dan kemudian menerima kembali. Dengan Interactive Cable TV, saluran menjadi tidak terbatas, terpadu dengan aplikasi, dan sesuai dengan keinginan konsumen. Interactive TV meningkatkan tawaran TV dan memberikan cara baru untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk menonton TV secara sederhana, pribadi, dengan cara yang canggih, sesuai dengan keinginan Pelanggan.

Apa perbedaan Interactive Cable TV dengan layanan TV Kabel lainnya?
Interactive Cable TV tidak hanya mampu menerima data, tetapi juga mengirimkan data. Interactive Cable TV tidak hanya bisa digunakan untuk menonon TV tetapi juga bisa digunakan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi menarik di TV. Selain itu, juga dilengkapi fitur-fitur yang tidak ada di layanan TV kabel lainnya.
Fitur-fitur tersebut adalah:
  1. Live TV: Menyajikan tayangan televisi dengan kualitas yang prima baik dari segi gambar dan suara.
  2. Video on Demand (VoD): Menyajikan konten video dalam bentuk katalog, sehingga Anda dapat memilih Video yang diinginkan.
  3. TV on Demand (TVoD): Layanan yang dapat digunakan untuk menayangkan ulang acara – acara TV tertentu dengan rentang waktu beberapa hari ke belakang.
  4. Karaoke on Demand: Fitur yang memungkinkan Pelanggan untuk memasang file video musik yang dilengkapi dengan text sehingga secara khusus berfungsi untuk karaoke. Seperti juga fitur Video dan Musik, konten-konten Karaoke akan disimpan dalam katalog menurut kategori-kategori serta dapat dicari dengan menggunakan fasilitas searching. Selain itu, Pelanggan juga dapat menyimpan Karaoke favorit.
  5. Pause & Rewind TV: Pelanggan dapat menghentikan (pause) atau memainkan kembali (play) tayangan program TV yang sedang berjalan.
  6. Parent Control: Pelanggan dapat melakukan pengawasan tayangan bagi anak-anak yang disediakan, di mana terdapat pilihan untuk mengatur level tayangan sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Bantuan: Merupakan layanan untuk memberikan bantuan pada Pelanggan untuk penggunaan seluruh fitur yang tersedia.
Apa yang dimaksud dengan metode Postpaid Advance Payment?

Metode Postpaid Advance Payment adalah metode berlangganan bulanan dengan tagihan dan pembayaran di awal.

Apakah untuk berlangganan Interactive Cable TV harus bundling dengan Light Speed Internet? Mengapa?

Ya, karena Interactive Cable TV MNC Play hanya bisa tampil maksimal dengan dukungan Light Speed Internet dari MNC Play

Apakah ada waktu berlangganan minimal?

Ya, minimum waktu berlangganan adalah 12 bulan (1 tahun).

Apabila Pelanggan memutuskan berhenti berlangganan sebelum atau sama dengan bulan ke-12, apakah pelanggan dikenakan penalti?

Ya, Pelanggan dikenakan penalti sebesar Rp500.000,- (belum termasuk Ppn 11%).

Apa yang harus saya lakukan agar dapat menikmati Interactive Cable TV?
Anda cukup melakukan 4 langkah berikut:
  1. Cek cakupan wilayah layanan MNC Play di www.mncplay.id atau kontak ke Customer Care MNC Play.
  2. Lakukan registrasi melalui website, galeri, event, direct sales, dll yang akan di-follow up oleh Tim MNC Play.
  3. Lakukan pembayaran layanan MNC Play melalui channel pembayaran yang tersedia.
  4. MNC Play akan melakukan perjanjian dengan customer untuk melakukan instalasi.
Apakah Pelanggan dapat melakukan upgrade paket Interactive Cable TV?

Ya, Pelanggan dapat melakukan upgrade paket Interactive Cable TV.

Apakah yang dimaksud dengan Open All Channel?

Open All Channel adalah bonus channel yang diberikan kepada Pelanggan yang berisi semua channel yang dimiliki MNC Play.

Apa saja paket Interactive Cable TV MNC Play?
Berapakah jumlah channel yang dapat dinikmati Pelanggan?

Anda dapat menikmati jumlah channel sesuai dengan daftar tabel.

Bagaimanakah siklus tagihan (billing cycle) bundling Light Speed Internet dan Interactive Cable TV?
Billing cycle terdiri atas:
  1. BC 1 berlaku bagi pelanggan yang melakukan aktivasi tanggal 26 – 1, pemakaian dari tanggal 1 – 31.
  2. BC 5 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 2 – 5, pemakaian dari tanggal 5 – 4.
  3. BC 10 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 6 – 10, pemakaian dari tanggal 10 – 9.
  4. BC 15 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 11 – 15, pemakaian dari tanggal 15 – 14.
  5. BC 20 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 16 – 20, pemakaian dari tanggal 20 – 19.
  6. BC 25 berlaku bagi pelanggan yang diaktivasi tanggal 21 – 25, pemakaian dari tanggal 25 – 24.
Mengapa terjadi blokir layanan?

Blokir layanan terjadi jika Pelanggan tidak melakukan pembayaran hingga 3 hari setelah tanggal jatuh tempo yang merupakan tanggal BC (billing cycle)/siklus. Blokir layanan berarti Pelanggan tidak dapat menikmati layanan.

Bagaimanakah cara pembayaran yang dapat dipilih Pelanggan?

MNC Play memiliki beberapa metode pembayaran yang dapat dilihat pada link berikut:

https://mncplay.id/how-to-pay-online/ dan https://mncplay.id/tata-cara-pembayaran/

Apakah Pelanggan dapat berlanggan lebih dari satu paket Interactive TV Cable?

Ya, Pelanggan dapat berlanggan lebih dari satu paket Interactive TV Cable.

Apakah Pelanggan dengan 1 KTP/PASPOR/KITAS yang sama dapat memiliki lebih dari satu akun?

Bisa, selama berbeda alamat.

Apa fungsi Set Top Box (STB)?
  1. 2 Port USB
    Port tersebut dapat digunakan untuk flashdisk, camera, harddisk external yang berfungsi menampilkan gambar/video ke dalam TV.
  2. RCA Port
    Port yang berfungsi jika TV yang digunakan customer itu belum mempunyai HDMI port. Seperti TV tabung.
  3. HDMI Port
    Port ini akan digunakan jika TV customer sudah menggunakan HDMI port. Seperti TV LED, TV Flat, dll.
  4. S/PDiF Port
    Port ini digunakan jika pelanggan ini menikmati suara yang lebih jernih dari sisi kualitas. Port ini hanya dapat digunakan jika pelanggan mempunyai TV yang sudah support port tersebut.
  5. Port RJ-45
    Input video dari ONT ke TV.
Apa yang harus dilakukan apabila material Paket instalasi pemasangan baru kurang?

Jika material yang dibutuhkan lebih dari yang diberikan dalam paket instalasi maka Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan untuk membeli materi yang dibutuhkan.

Setiap tanggal berapa dilakukan penghitungan tagihan (generate bill)?

Penghitungan tagihan (generate bill) adalah setiap H-15 sebelum tanggal jatuh tempo (tanggal billing cycle/siklus tagihan).

Secara standar melalui media apakah Pelanggan mendapatkan tagihan?
  • Email: Maksimum H-10 dari tanggal jatuh tempo atau 5 hari setelah generate bill, 3 hari sebelum jatuh tempo & 1 hari sebelum jatuh tempo.
  • SMS: H-3 sebelum jatuh tempo.
Apabila Pelanggan menginginkan cetak tagihan apakah bisa?

Bisa. Pelanggan akan dikenakan biaya Rp10.000,- (belum termasuk Ppn 11%) per bulannya. Tagihan cetak akan dikirim maksimum H-5 dari tanggal jatuh tempo atau 10 hari setelah generate bill.

Apabila Pelanggan melakukan pembayaran di ATM, apakah Pelanggan akan dikenakan biaya tambahan?

Ya. Pelanggan akan dikenakan biaya administrasi tambahan saat melakukan pembayaran di ATM sesuai kebijakan Bank yang bersangkutan.

Apakah pelanggan akan mendapatkan reminder tagihan apabila belum melakukan pembayaran?

Ya. Reminder tagihan dikirimkan melalui :

  • Email : Email akan diberikan ke Pelanggan pada H-3 dan H-1 sebelum tanggal jatuh tempo.
  • SMS : SMS akan diberikan ke Pelanggan pada H-3 dan H+2 sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Telepon : Pelanggan akan ditelpon pada H+2 s/d H+4 setelah tanggal jatuh tempo
  • TV Running Text : Informasi berupa reminder pada layar TV.
Apakah ada pengaruhnya terhadap kualitas jika Pelanggan menggunakan internet dan TV secara bersamaan?
Tidak ada pengaruh.
STB dan ONT sudah di alokasikan network tersendiri yang berbeda secara virtual, sehingga network Interactive TV dan High Speed Internet berbeda jalurnya dan tidak saling mengganggu.
Paket instalasi pemasangan baru terdiri apa saja?
Item Material UoM Qty/unit
FO Cable 2 Core Single Mode, G657A
Mater 60
FO Cable 1 Core G657
Meter 30
Connector Mechanical SC/APC Pcs 3
Connector Mechanical SC/UPC Pcs 1
Bracket Plat 3mm / Screw Eye Pcs 1
Harden Cable Tie Pack 0,025
Cable Duct (Optional) Batang 1
Kabel Marker Strip 2
Conduit Batang 2
Heat Shrink 8mm Meter 0,2
Clamp Cable (Optional) Pcs 20
Dutc Tape Meter 1
Paku Beton 25 mm Kg 0,01
Double Tape 3m, lebar 1” Meter 1
Bisakah Pelanggan menurunkan Paket yang telah dipilih?

Ya, Pelanggan bisa menurunkan paket setelah periode 6 bulan dari aktivasi pertama.

Mengapa internet & IPTV tidak bisa dan lampu LOS menyala Merah?

Kendala Loss Merah dapat disebabkan karena adanya:

1. Kabel pacthcore kendur, terputus, atau tertekuk (kabel kuning yang berada dibawah perangkat ONT/modem)
2. Kerusakan dari sisi perangkat ONT
3. Kendala yang bersifat massal
4. Pemeliharaan jaringan dari sisi perangkat luar

First Level Handling (FLH):

1. Pastikan sudah melakukan pembayaran sesuai dengan ID Pelanggan serta nominal yang harus dibayarkan (ditagihkan). Estimasi pengaktifan maksimal 2×60 menit setelah pelanggan melakukan pembayaran.
2. Pastikan sedang tidak terjadi kendala massal atau pemeliharaan jaringan.
3. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT:

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

3. Pelanggan perlu menyalakan ulang (restart) perangkat ONT serta STB.
4. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa internet & IPTV tidak bisa dan lampu PON menyala Berkedip?

Kendala Pon Blinking dapat disebabkan karena adanya:

  1. Impact Migrasi Kabel
  2. Kesalahan input PORT di FAT

Fisrt Level Handling (FLH) :

  1. Pastikan sudah melakukan pembayaran sesuai dengan ID Pelanggan serta nominal yang harus dibayarkan (ditagihkan). Estimasi pengaktifan maksimal 2 x 60 menit setelah pelanggan melakukan pembayaran.
  2. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT :

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

  1. Pelanggan perlu menyalakan ulang (restart) perangkat ONT serta STB.
  2. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
    Hotline : 1500121
    WA        : 0899-1500-686
    Email    : ccare@mncplay.id
Mengapa perangkat ONT tidak menyala sama sekali/ONT BROKEN?

ONT Broken dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Adanya pemadaman listrik
  2. Catu daya / stop kontak tidak berfungsi
  3. Kabel patchcore / kabel adaptor rusak
  4. Perangkat ONT rusak

Fisrt Level Handling (FLH) :

  1. Pastikan sedang tidak ada pemadaman listrik.
  2. Cek stop kontak dan coba pindahkan posisi ke stop kontak yang lain.
  3. Pastikan kabel patchcore & adaptor terpasang dengan benar / tidak kendur.
  4. Kerusakan perangkat ONT akan dikenakan biaya senilai Rp1.000.000,- sebelum PPN 11%.
    *Notes : Jika kerusakan dari sisi pelanggan seperti terbanting, terinjak, atau tersiram air
  5. Jika perangkat STB rusak karena bencana alam atau perangkat hilang, Pelanggan harus melampirkan surat keterangan terkena bencana dari RT/RW atau surat kehilangan dari kepolisian agar tidak dikenakan biaya pergantian.
  6. Untuk memproses laporan silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
    Hotline : 1500121
    WA        : 0899-1500-686
    Email    : ccare@mncplay.id
Apa penyebab IPTV tidak terkoneksi (Connection Problem)?

Faktor-faktor penyebab IPTV Connection Problem:
1. Eror 1302/4408 = Disebabkan oleh kesalahan input kabel pada perangkat STB
2. Eror 1901/0010 /1903 [OTT] = Terjadi kabel longgar atau kabel rusak/broken (Membutuhkan kunjungan Tim MNC Play)
3. Eror 1305/4514 = Perangkat tidak mendapat IP [No IP]
4. No Signal = Terdapat kabel input yang rusak dan harus diganti baru (Membutuhkan kunjungan Tim MNC Play)
5. Blank biru = Pertanda STB/Kabel perlu diganti (Membutuhkan kunjungan Tim MNC Play)
6. Blank Hitam/S001 = Input kabel dan EPG [Server IPTV] eror
7. Freeze All Channel = Seluruh channel tidak dapat di akses

First Level Handling (FLH) :
1. Cabut dan pasang kembali kabel UTP/LAN pada ONT, pastikan masuk ke port yang benar. Untuk STB Linux port IPTV adalah 2/3/4. Sedangkan, STB Android bisa menggunakan semua port jika seluruh setting port sudah HSI.
2. Pastikan kabel adaptor dan HDMI terpasang dengan benar.
3. Restart ONT dan STB.
4. Jika Internet & IPTV masih terkendala, Silahkan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa IPTV tidak terkoneksi dan meminta password?

Faktor-faktor penyebab IPTV Configuration Problem:
1. 70xxxx = Konfigurasi tidak sesuai
2. SLCS Suspend
3. Eror meminta password
4. STB Bind (STB tidak memiliki profil ID)

First Level Handling (FLH):
1. Cabut dan pasang kembali kabel UTP/LAN pada ONT, pastikan masuk ke port yang benar. Untuk STB Linux port IPTV adalah 2/3/4. Sedangkan, STB Android bisa menggunakan semua port jika seluruh setting port sudah HSI.
2. Pastikan kabel adaptor dan HDMI terpasang dengan benar.
3. Restart ONT dan STB.
4. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa Remote STB Linux/Andorid tidak berfungsi atau rusak?

Faktor-faktor penyebab Remote Broken:
1. Saat baterai remote perlu diganti dengan yang baru
2. Lampu indikator remote tidak menyala
3. Tombol pada remote beberapa/semua tidak berfungsi

First Level Handling (FLH):
1. Lakukan penggantian baterai dengan yang baru.
2. Kerusakan pada remote akan dikenakan biaya senilai Rp. 100.000,- sebelum PPN 11% untuk STB Linux, sedangkan untuk STB Android senilai Rp150.000,- sebelum PPN 11%
*Notes : Jika kerusakan dari sisi Pelanggan seperti terbanting, terinjak atau tersiram air
3. Untuk memproses laporan silahkan menghubungi
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa IPTV tidak terkoneksi? Bagaimana cara mengetahui bahwa STB rusak?

STB Broken dapat disebabkan oleh berberapa faktor berikut:
1. Adanya pemadaman listrik
2. Catu daya / stop kontak tidak berfungsi
3. Kabel patchcore / kabel adaptor rusak
4. Perangkat STB rusak

First Level Handling (FLH):
1. Pastikan sedang tidak ada pemadaman listrik.
2. Cek stop kontak dan coba pindahkan ke stop kontak yang lain.
3. Pastikan kabel patchcore & adaptor terpasang dengan benar / tidak kendur.
4. Kerusakan perangkat STB akan dikenakan biaya senilai Rp700.000,- sebelum PPN 11%.
*Notes : Jika terjadi kerusakan oleh Pelanggan (seperti: terbanting, terinjak atau tersiram air).
5. Jika perangkat STB rusak karena bencana alam atau perangkat hilang, Pelanggan harus melampirkan surat keterangan terkena bencana dari RT/RW atau surat kehilangan dari kepolisian agar tidak dikenakan biaya pergantian.
6. Untuk memproses laporan silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Bagaimana cara aktivasi VISION+ TV?

Cara aktivasi Vision+ TV:
1. Pastikan Vision+TV sudah dinyalakan dan sudah melakukan log in menggunakan Google Account
2. Aktivasi melalui no WhatsApp 089601500121 dengan format : ATVACTIVE<spasi>SN#NIK#NAMA#KOTA#NO_HP#EMAIL
*Notes : SN (Serial Number) dapat dilihat pada di bagian bawah Vision+ TV
3. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Bagaimana cara menghubungkan ID Pelanggan pada aplikasi Vision+?

Cara aktivasi Vision+ TV:
1. Pastikan Vision+TV sudah dinyalakan dan sudah melakukan log in menggunakan Google Account
2. Aktivasi melalui no WhatsApp 089601500121 dengan format : ATVACTIVE<spasi>SN#NIK#NAMA#KOTA#NO_HP#EMAIL
*Notes : SN (Serial Number) dapat dilihat pada di bagian bawah Vision+ TV
3. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya tidak sesuai dengan sebelumnya (Current Balance tidak sesuai/teradapat kenaikan tagihan)?

Kenaikan tagihan Pelanggan dapat disebabkan oleh:
1. Biaya pengaktifan ulang (karena pelanggan melakukan pembayaran melebihi masa jatuh tempo dan layanan sempat terhenti sementara).
2. Terdapat Additional Fee/Biaya tambahan. Contoh: Penambahan kabel LAN, pergantian aksesories (Kabel adaptor, RJ 45, Remote, Kabel HDMI), atau perangkat (ONT / STB jika kerusakan dari sisi Pelanggan).
3. Terdapat biaya pemindahan perangkat (dalam satu alamat atau berbeda alamat).
4. Ada permintaan perubahan paket dan penambahan channel dari Pelanggan.
5. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya belum muncul?

Tagihan Pelanggan belum tercetak dapat disebabkan oleh:
1. Sedang ada proses Downgrade/Remove.
2. Tagihan baru akan muncul pada H+1 BC.
3. Sudah dilakukan pembayaran lebih awal.
4. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa tagihan saya berbeda dengan kerabat/teman/tetangga?

Perbedaan nominal tagihan Pelanggan dapat disebabkan oleh:
1. Paket berlangganan yang digunakan berbeda walaupun speed sama, karena MNC Play memiliki 2 promo yang berbeda yaitu Promo Buy X Get X dan Advance Payment.
2. Setiap promo memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing program.
3. Terdapat perbedaan pada Paket channel pada Add On.
4. Terdapat Additional Fee/biaya tambahan. Contoh: Penambahan kabel LAN, pergantian aksesories (Kabel adaptor, RJ 45, Remote, Kabel HDMI), atau perangkat (ONT / STB jika kerusakan dari sisi Pelanggan).
5. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    :ccare@mncplay.id

Bagaimana cara melakukan pembayaran melalui website (Online Payment) untuk cicilan?

Cara melakukan online payment:
1. Masuk ke website https://billing.mncplay.id
2. Masukan ID Pelanggan, klik kirim.
3. Jika sudah muncul rincian tagihan pilih “YA”.
4. Pilih pembayaran Credit Card “Installment”, klik “Bayar” untuk melanjutkan pembayaran.
5. Masukan data Credit Card sampai dengan No. CVC, klik “Bayar” untuk melanjutkan pembayaran.
6. Setelah menerima Kode OTP melalui SMS, masukan kode OTP pada tahapan pembayaran.
7. Akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran telah berhasil.
8. Download bukti pembayaran / struk transaksi.
9. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa layanan belum bisa digunakan padahal pembayaran sudah masuk?

Proses pengecekan pembayaran Pelanggan:
1. Jika layanan masih belum aktif, Pelanggan perlu menunggu min. 15 menit setelah melakukan pembayaran.
2. Restart Perangkat ONT setelah melakukan pembayaran.
3. Apabila layanan masih belum bisa digunakan, silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa muncul lampu indikator merah pada perangkat padahal saya sudah melakukan pembayaran?

Kendala Loss Merah dapat disebabkan oleh:
1. Kabel pacthcore kendur, terputus, tertekuk (kabel kuning yang berada dibawah perangkat ONT /modem)
2. Kerusakan dari sisi perangkat ONT
3. Kendala bersifat massal
4. Adanya pemeliharaan jaringan dari sisi perangkat luar

First Leve Handling (FLH):
1. Jika tagihan sudah masuk ke sistem namun layanan masih belum aktif, maka agen Customer Care akan mengaktifkan status ID Pelanggan terlebih dahulu.
2. Pastikan sedang tidak terjadi kendala massal atau pemeliharaan jaringan.
3. Pastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT:

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

4. Pelanggan memulai ulang/restart perangkat ONT dan STB.
5. Jika Internet & IPTV masih terkendala, silakan hubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    :ccare@mncplay.id

Apa saja promo yang berlaku saat berlangganan MNC Play?

Promo yang berlaku setiap bulan:
1. Bagi Pelanggan baru (New Subscriber) MNC Play, tersedia Promo Advance Payment. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website https://mncplay.id/interactive-cable-tv/
2. Bagi Pelanggan lama (Existing) MNC Play tersedia Promo Buy X Get X dan Advance Payment. Informasi lebih lanjut mengenai promo yang berjalan akan dijelaskan kembali oleh Tim MNC Play.
3. Untuk mendapatkan detail informasi lainnya, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa salah satu channel saya hilang?

Faktor-faktor penyebab channel hilang:
1. Masa berlaku Paket Berlangganan / Paket Add On sudah berakhir
2. Masa bonus channel sudah berakhir
3. Terdapat pembelian Add on yang belum diaktifkan
4. Kendala teknis

First Level Handling (FLH) :
1. Dilakukan pengecekan pada product category, bonus info, dan menu SLCS oleh agen Customer Care
2. Dilakukan pengecekan pada sistem
3. Jika kendala teknis akan dibuatkan laporan ke tim technical support / teknisi
4. Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa saya mendapatkan email tagihan padahal sudah bayar?

Penyebab tagihan masih terkirim ke email:
1. System Error
2. Saat ini pengiriman email di MNC Play sudah menerapkan sistem otomatis. Mohon abaikan jika Pelanggan sudah melakukan pembayaran namun masih menerima reminder.
3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Bagaimana cara pengajuan penambahan channel /STB/IP Public jika saya sudah bayar tagihan di awal?

Cara pengajuan penambahan channel/STB/IP Public bagi Pelanggan yang sudah melakukan pembayaran diawal:
1. Ajukan permintaan penambahan Add On Channel/STB/IP Public.
2. Bagi pelanggan dengan Paket Advance Payment (AP) : AP3/AP6/12 yang menginginkan Add on Channel bisa diajukan dengan metode pembayaran yang sama dengan basic atau dapat memilih metode AP1/AP3/AP6/AP12.
3. Khusus untuk Add STB/IP Public harus menyesuaikan dengan metode pembayaran yang dipilih pada paket basic yaitu AP1/AP3/AP6/AP12.
4. Bagi Pelanggan yang menggunakan promo Buy x Get x dapat dihitung dari sisa promo yang berlaku.
5. Untuk pengajuan penambahan Add on, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Mengapa layanan saya ikut terkendala saat sedang ada perbaikan yang dilakukan oleh teknisi di tiang?

Penyebab layanan ikut terkendala saat terdapat perbaikan yang dilakukan oleh teknisi adalah:
1. Pengaruh Migrasi Kabel.
2. Kesalahan input Port di FAT.
3. Adanya jalur kabel yang sama dengan Pelanggan yang sedang terkendala, sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk semua Pelanggan dalam 1 tiang yang sama.
4. Jika ada indikasi lampu indikator LOS menyala merah, akan dilakukan pengecekan dampak kendala masal atau personal.
5. Lakukan penanganan pertama di rumah dengan memastikan kondisi lampu indikator pada perangkat ONT :

– Power menyala
– Loss Merah tidak menyala
– Pon tidak berkedip
– WIFI / WLAN menyala
– Internet menyala

6. Pelanggan bisa memulai ulang/restart perangkat ONT dan STB.
7. Apabila masih terkendala, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Bagaimana alur sistem pembayaran?

Alur proses pembayaran:
1. Pembayaran secara online seperti melalui Mesin ATM, Mobile BankingVirtual Account, web payment akan langsung masuk ke sistem billing MNC Play minimal 15 menit setelah pembayaran.
2. Jika sudah melakukan pembayaran layanan saat layanan sempat terhenti sementara, Pelanggan dapat memulai ulang/restart perangkat ONT (perangkat WIFI yang berantena).
3. Apabila Pelanggan sudah metunggu 15 menit namun layanan belum dapat digunakan, Pelanggan dapat menghubungi Customer Care MNC Play untuk dilakukan pengecekan apakah status pembayaran sudah masuk atau belum serta pengecekan sinyal internet.
4. Apabila layanan tetap belum dapat digunakan, Pelanggan disarankan menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Apa yang dimaksud dengan biaya pengaktifan ulang?

1. Biaya pengaktifan ulang adalah biaya yang dikenakan kepada Pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran tagihan bulanan.
2. Keterlambatan pembayaran setelah H+4 tanggal jatuh tempo dengan status berlangganan terhenti sementara
3. Biaya pengaktifaan ulang sebesar Rp25.000,-.
4. Biaya pengaktifan ulang akan tertagih pada bulan berikutnya.
5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Apakah saya bisa melanjutkan layanan kembali sesudah berhenti berlanggganan?

1. Jika perangkat MNC Play masih ada di rumah Pelanggan, Pelanggan bisa mengajukan pengaktifan kembali dengan ID yang lama.
2. Jika perangkat sudah ditarik oleh Tim MNC Play, maka Pelanggan dapat mendaftar sebagai Pelanggan Baru melalui website www.mncplay.id
3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    :ccare@mncplay.id

Apakah saya bisa melanjutkan promo yang sama setelah promo yang sedang diikuti berakhir?

Bisa, selama promo masih tersedia.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    :ccare@mncplay.id

Mengapa akun saya ter-logout dari aplikasi Vision+?

Penyebab akun Vision+ ter-logout:
1. Pelanggan tidak menggunakan aplikasi Vision+ dalam jangka waktu yang lama.
2. Jumlah perangkat yang log in lebih dari 3 untuk pelanggan Premium & Premium Sport.
3. Jumlah perangkat yang log in lebih dari 2 untuk Pelanggan Free dan Connect.
4. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Email           : ccare@visionplus.id
WhatsApp : +62-888 800 0001

Apakah channel-channel pada Aplikasi Vision+ sama dengan paket berlangganan MNC Play?

Ya. Jika sudah terhubung/connect ID Pelanggan MNC Play, channel akan terhubung sesuai dengan Paket berlangganan.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Care MNC Play:
Hotline : 1500121
WA        : 0899-1500-686
Email    : ccare@mncplay.id

Atau Customer Care Vision+

Email          : ccare@visionplus.id
WhatsApp : +62-888 800 0001

Halo....Kami siap membantu Anda!