Dukung Perkembangan Industri Kreatif Lokal MNC Play Fasilitasi Internet Cepat di Pandanaran Art Festival

Dukung Perkembangan Industri Kreatif Lokal MNC Play Fasilitasi Internet Cepat di Pandanaran Art Festival

Semarang – MNC Play telah menunjukkan dukungan yang konsisten terhadap perkembangan industri kreatif di Indonesia. Kali ini dukungan tersebut kembali ditunjukkan pada industri kreatif berbasis kesenian lokal, yaitu Pandanaran Art Festival (PAF) yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang pada Sabtu, 26 November 2016 di Taman Mentri Supeno Semarang. MNC Play berkontribusi sebagai official broadband partner pada kesempatan ini. PAF hadir dengan memadukan festival bersama 6 Kabupaten Provinsi Jawa Tengah yang menampilkan kesenian tradisional unggulan dari Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan.

Paulus Layre Hariawan, Branch Head MNC Play Semarang mengungkapkan, “Kami sangat bangga dapat dipercaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam memfasilitasi acara ini. Indonesia memiliki kekayaan budaya lokal yang unik di tiap daerah dan jika potensi budaya lokal ini digali lagi, Indonesia dapat mewujudkan peningkatan pertumbuhan industri kreatif daerah yang berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kehadiran internet berkecepatan tinggi MNC Play dalam acara ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengapresiasi, mengangkat dan menunjukkan kekayaan kesenian lokal daerah kepada masyarakat luas. Lebih jauh lagi, teknologi internet MNC Play dapat digunakan untuk mempromosikan daya tarik industri kreatif Indonesia lokal secara maksimal kepada dunia.”

Pandanaran Art Festival 2016 turut melibatkan komunitas seperti, komunitas arsitek, komunitas fotografi, komunitas sketch, komunitas chalk art, dan lainnya. Selain itu, festival ini juga diikuti oleh beberapa hotel bintang serta pengusaha UMKM Kota Semarang.

Berbagai macam hiburan seperti pertunjukan grup musik SMA/SMK, Karnaval odong-odong dengan tema “Fauna Aquatik”, Tarian Desa Wisata, Tarian dari Sanggar Greget, Street Fashion Show SNC by Oak Tree Hotel, Happening Art, dan Stage Fahion Batik dihadirkan untuk menghibur seluruh masyarakat Kota Semarang. Puncak acara Pandanaran Art Festival 2016 kemudian diakhiri dengan penampilan dari artis terkemuka nasional yang bertalenta, Calvin Jeremy.

“Festival ini bertujuan untuk memberi wadah bagi komunitas untuk mengekspresikan bakat dan hasil karya cipta mereka dan memberikan hiburan bagi masyarakat Semarang. Untuk itu, kami mengapresiasi kesediaan MNC Play yang berpartisipasi dalam acara ini untuk mewadahi masyarakat Semarang dalam menikmati pertunjukan seni ini,” ujar Taufan YD, Kepala Seksi Event Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang/Ketua Panitia Pandanaran Art Festival.

Dalam rangka memeriahkan Pandanaran Art Festival 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang juga mengadakan lomba-lomba untuk masyarakat umum yaitu sebagai pra-event competition yang diantaranya Lomba Foto Kreatif Instagram, dan lomba-lomba yang diadakan pada saat PAF berlangsung yaitu Lomba Mewarnai Kain Batik Semarang dan Lomba Lukis Chalk Art.

Selama berlangsungnya kegiatan Pandanaran Art Festival, diadakan pameran seni instalasi dengan media bambu yang dipasang di area Taman Menteri Supeno Semarang dengan tema “Selasar Outdoor Pandanaran Komunitas Kreatif Kota”. Selasar Pandanaran ini akan dipasang selama satu bulan, mulai dari tanggal 26 november 2016 hingga tanggal 24 Desember 2016. Apresiasi seni ini dimaksudkan agar dapat dinikmati secara lebih luas oleh masyarakat Kota Semarang.

var trackOutboundLink = function(url) { gtag('event', 'click', { 'event_category': 'outbound', 'event_label': url, 'transport_type': 'beacon', 'event_callback': function () {document.location = url;} }); }