Crafturday Asah Bakat Kreatif Kalangan Muda Malang dengan Kerajinan Tangan

Crafturday Asah Bakat Kreatif Kalangan Muda Malang dengan Kerajinan Tangan

Malang – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengasah dan mengekspresikan bakat kreatif yang ada dalam diri seseorang, salah satunya berkarya melalui craft (kerajinan tangan). Crafturday memberikan sarana tersebut kepada kalangan muda melalui workshop pembuatan karya handicraft dan eksibisi crafting dari beberapa komunitas craft di kota Malang. Memahami pentingnya pengembangan kreativitas untuk kaum muda untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif, MNC Play berkontribusi pada acara yang diadakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 di Gartenhaus, Jalan Kenanga Indah No. 1, Malang.

“Kami memiliki strategi pemasaran yang menargetkan komunitas, dalam acara ini komunitas yang terlibat adalah komunitas generasi muda pencinta kerajinan tangan. Kegiatan workshop ini bisa menjadi media bagi pencinta kerajinan tangan untuk menyalurkan ide-ide kreatif mereka sehingga mampu melahirkan beragam produk lokal atau bahkan produk yang dapat dibawa ke kancah internasional. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan industri kreatif yang sedang digadang-gadang pemerintah pada saat ini,” ujar Sukirno, Sales Manager MNC Play Malang. “Layanan high speed internet MNC Play yang kami perkenalkan di ajang ini dapat memfasilitasi kalangan muda dalam memaksimalkan kreativitas mereka melalui beragam sumber inspirasi yang tersedia di internet dan juga untuk menunjukkan karya mereka kepada kalangan yang lebih luas,” tambah Sukirno.

Kegiatan workshop terdiri dari lima sesi acara yang diisi oleh pemateri yang berbeda dari komunitas craft kota Malang. Beberapa materi yang disuguhkan ialah cara membuat pin, aksesoris, dompet dari kulit dan melukis menggunakan marbled scarf. Selain workshop, Crafturday juga menyajikan pameran karya-karya kerajinan tangan yang dapat dinikmati para pengunjung. Penampilan beberapa grup musik indie lokal juga turut dihadirkan untuk lebih memeriahkan acara dan pengadaan kontes foto serta pemberian penghargaan kepada komunitas yang berartisipasi dalam acara ini.

Ketua pelaksana sekaligus CEO Creative Event Organizer, Zuyyina Afwa menyatakan, “Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Kota Malang dan memberikan apresiasi terhadap karya-karya komunitas crafting di Malang. Di acara ini, para penggiat komunitas craft tidak hanya dapat menyalurkan kreativitas dan menunjukkan karya mereka namun bisa berbagi ilmu dengan generasi muda lainnya yang hadir.”

Creative Event Organizer (C-EO) merupakan penyelenggara kegiatan Crafturday ini. C-EO merupakan event organizer yang berada di bawah naungan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.