Bunkasai Universitas Airlangga, Belajar Lebih Dekat Budaya Jepang

Bunkasai Universitas Airlangga, Belajar Lebih Dekat Budaya Jepang

Surabaya – Mempelajari budaya asing seperti Jepang selalu menjadi daya tarik tidak hanya bagi komunitas peminat budaya Jepang tetapi juga masyarakat luas. Hal ini yang ditawarkan oleh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga (Unair) dengan menggelar Japanese World Unair (Bunkasai Unair), sebuah pentas seni pada 25-26 Februari 2017. Aneka pertunjukan, kuliner, perlombaan, dan workshop budaya Jepang akan digelar selama dua hari di Fakultas Ilmu Budaya, Kampus B, Universitas Airlangga.

“Bagi generasi milenial, penguasaan terhadap budaya asing selain Indonesia, seperti budaya Jepang akan menjadi nilai tambah tersendiri. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Play juga memiliki layanan Interactive Cable TV yang memiliki channel asal Jepang seperti Wakuwaku Japan, NHK World TV, NHK World Premium, dan Animax. Semua tayangan dapat disaksikan sampai dengan tujuh hari kebelakang melalui fitur TV On Demand. Komunitas pencinta budaya Jepang yang kebanyakan mahasiswa, ataupun masyarakat pada umumnya tentu dapat memanfaatkan layanan dengan fleksibilitas tinggi yang dapat dinikmati sesuai dengan ketersediaan waktu penggunannya,” tutur Fredy Arianto Yuwono, Senior Sales Manager MNC Play Surabaya.

Banyak pengalaman baru belajar budaya Jepang yang disajikan dalam acara bertema EDO JIDAI – The Age of Edo atau Jepang Tempo Doeloe ini. Mulai dari berbagai perlombaan internal seperti cerdas cermat, storytelling, membaca cepat, menulis kaligrafi dan menghias majalah dinding sampai dengan perlombaan yang terbuka untuk masyarakat luas seperti lomba cosplay, karaoke, dubbing anime, dan desain karakter komik. Jika ingin menambah pengetahuan, pengunjung dapat mengikuti beberapa workshop kebudayaan seperti merangkai bunga, upacara minum teh, seni membungkus barang, dan membuat anime-manga yang dipandu oleh komikus Dracko Diary, Indra A.D.

“Kami ingin mengenalkan kekhasan budaya Jepang kepada masyarakat agar lebih tertarik dengan sastra Jepang. Untuk itu mengucapkan terima kasih kepada MNC Play yang turut memberikan dukungan sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan informasi terkait acara ini,” tutur Galang Demo Satrio, Ketua Panitia Japanese World Unair 2017.

Jika hanya ingin sekedar berkunjung, penyelenggara juga sudah menyiapkan puluhan bazar, Obake-Yashiki untuk menikmati sensasi masuk ke rumah hantu, singgah di JW Café, dan berfoto ala Yukata-Hakama atau berbusana tradisional Jepang. Bunkasai semakin lengkap dengan penampilan Yosakoi (tarian tradisional), Kendo (seni bela diri), dan penampilan band yang membawakan Japanese Music.