Berkenalan dengan Budaya Jerman di Oktoberfest Universitas Negeri Medan

Berkenalan dengan Budaya Jerman di Oktoberfest Universitas Negeri Medan
Medan – Melalui acara Oktoberfest Unimed, MNC Play turut serta dalam pesta budaya Jerman yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Bahasa & Seni Universitas Negeri Medan (Unimed). Ditampilkan live music, seni tari dan kuliner khas Jerman dalam acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari mulai 13-14 Oktober 2016 mulai pukul 10.00 WIB. Selain kuliner dan seni tari, acara juga diisi dengan pameran produk daur ulang dan aneka lomba terkait budaya dan seni Jerman.
Sejarah Oktoberfest berawal dari perayaan pernikahan Putra mahkota Ludwig I dan istrinya Therese Saxe-Hildburghausen dengan menggelar acara pacuan kuda untuk seluruh keluarga kerajaan dan rakyat Bayern. Karena perayaan yang digelar selama 16 hari tersebut begitu sukses, akhirnya Oktoberfest diadakan setiap tahun. Walau berasal dari Jerman, Oktoberfest kini turut dirayakan juga hingga ke seluruh penjuru dunia, sampai dengan Indonesia.
Boyke Marcos Panjaitan, Branch Head MNC Play Medan mengatakan “Belajar budaya asing bukan artinya kita melupakan budaya Indonesia. Dengan memahami budaya asing, akan terjadi akulturasi yang dapat memperkaya budaya dan wawasan masyarakat Indonesia.” Boyke juga menambahkan “MNC Play memiliki paket berlangganan yang terjangkau oleh mahasiswa. Dengan Internet berkecepatan tinggi  tentunya akan menunjang mahasiswa untuk mencari informasi dan mempelajari budaya luar dengan lebih maksimal. Untuk mendukung hal tersebut, salah satuchannel berita asal Jerman yaitu  Deutsche Welle (DW) yang terdapat pada layanan Interactive Cable TV MNC Play juga dapat digunakan untuk menggali informasi dan mempelajari budaya Jerman.”
Oktoberfest yang diadakan Unimed  berbeda dengan Negara asalnya. Festival ini di Unimed diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dalam bidang kebudayaan, pendidikan, seni, dan ilmu pengetahuan lain, utamanya tentang Jerman.
“Kami mengapresiasi atas dukungannya MNC Play pada Oktoberfest yang dihadirkan Unimed. Kami berharap acara ini dapat menambah wawasan publik tidak hanya tentang budaya Jerman, tetapi juga menambah ketertarikan mereka untuk mempelajari budaya asing lainnya.” pungkas Dr. Evi Eviyanti, M.Pd, Ketua Jurusan Bahasa Asing, FBS Unimed.